Wednesday 11 February 2015

Buah Alpukat:: Kandungan Nutrisi, Khasiat dan Tips Membuat Jus

jus alpukat, khasiat buah alpukat
Jus alpukat adalah minuman yang berasal dari buah alpukat.  Rasanya yang segar ditambah dengan olesan susu membuat siapapun tak tahan ingin mencicipinya. Buah alpukat memiliki kandungan gizi yang tinggi dan berkhasiat mengobati berbagai macam penyakit.  Ingin lebih tahu mengenai buah alpukat dan cara membuat jus alpukat? Untuk lebih jelas, simak pembahasannya dalam Intip berikut ini.




Kandungan Nutrisi dan Khasiat Buah Alpukat

Alpukat adalah buah yang sangat familiar, daging buahnya yang lembut memudahkan untuk dikonsumsi. Selain dikonsumsi secara utuh, buah alpukat juga bisa dijadikan jus. Selain rasanya yang enak, alpukat juga mengandung nutrisi dan gizi yang diperlukan oleh tubuh, seperti : zat besi, potasium, kalsium, phospot, zodium dan 11 macam vitamin. 

Kandungan lemak yang terdapat pada buah alpukat merupakan jenis lemak tak jenuh yang tidak berbahaya untuk tubuh, tidak membuat badan gemuk dan sangat mudah dicerna. Buah alpukat berkhasiat mengobati berbagai penyakit, seperti: diabetes, anemia, melancarkan saluran pencernaan, menurunkan kandungan kolesterol di dalam darah, menjaga kesehatan tubuh, dan kesehatan mata. 

Bagi perempuan yang sedang hamil mengkonsumsi alpukat dapat membantu perkembangan janin. Alpukat juga dianjurkan untuk mencegah penyakit stroke. Karena kandungan vitamin E dapat berfungsi menurunkan oksidasi kolesterol.

Mengkonsumsi buah Alpukat juga dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Bahkan buahnya bisa dijadikan bahan perawatan kulit wajah dan tubuh.

Cara Membuat Jus Alpukat

Untuk memudahkan mengkonsumsi alpukat  dan menambah selera, bisa dengan cara dibuat menjadi jus. Membuat jus alpukat sangat gampang dengan bahan yang mudah di dapat. Pilih buah alpukat yang sudah matang dengan kondisi yang masih segar.

Bahan-Bahannya:
·         3 Buah alpukat, 100ml gula cair , 100ml sirup sesuai selera,  es batu secukupnya, 250ml air putih matang, susu cair.

Cara Membuatnya:
  • Belah buah alpukat menjadi dua, lalu ambil daging buahnya kemudian blender sampai halus.
  • Tambahkan gula cair , sirup kemudian blender sampai gula dan sirup tercampur.
  • Siapkan gelas saji lalu lumuri dinding bagian dalam gelas dengan susu.
  • Masukkan alpukat yang sudah diblender ke dalam gelas. 
  • Jika Anda ingin jus dingin, masukkan es batu ke dalam gelas.
  • Lumuri kembali bagian atas jus dengan susu..
Selain diolah menjadi minuman segar, alpukat juga bisa dimasukkan ke dalam makanan seperti salad. Demikian pembahasan mengenai kandungan, khasiat alpukat dan cara membuat jus alpukat, semoga artikel ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment