Thursday 19 February 2015

Cara Memelihara Ikan Cupang

cara memelihara ikan cupang

Cara Memelihara Ikan Cupang - Ikan cupang adalah jenis ikan hias, memiliki sirip yang menjuntai indah. Memelihara ikan cupang tidak terlalu sulit karena tidak memerlukan perlakuan khusus. Namun walaupun demikian memelihara ikan cupang perlu memperhatikan beberapa hal agar cupang hidup lebih lama. Apa saja yang harus diperhatikan jika memelihara ikan cupang? simak pembahasannya, dalam intip berikut ini.

Penjelasan Singkat Seputar Ikan Cupang

Ikan cupang termasuk jenis ikan air tawar, habitatnya berasal dari Negara Asia Tenggara, yaitu di Indonesia, Vietnam, Malaysia dan Thailand. Nama lain ikan cupang adalah ikan Beta atau ikan Siam. Ada karakter yang harus diketahui jika Anda hendak memelihara ikan cupang yaitu pemisahan tempat ikan jantan.

Cupang jantan sifatnya agresif, suka bertarung dengan ikan lainnya. Berbeda dengan cupang betina, dapat disimpan dalam wadah yang sama dengan betina lainnya. Cupang jantan dan betina bisa disimpan di dalam satu wadah yang sama saat pemijahan/ kawin.

Ciri-ciri cupang jantan memiliki sirip beraneka warna dan menjuntai. Ukurannya mencapai 6 cm – 8 cm, sedangkan yang betina ukuran tubuhnya lebih kecil dengan warna dan bentuk yang tidak terlalu berwarna dan menjuntai layaknya jantan. Warna ikan cupang didominasi oleh warna merah, biru, ungu dan putih.

Cara Memelihara Ikan Cupang

Memelihara ikan cupang bisa di wadah plastik/ kaca, aquarium atau dikolam dan bak mandi. Ikan cupang dapat bertahan hidup 4-5 tahun, itupun jika perawatannya baik. Agar cupang dapat bertahan hidup lebih lama, ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain:
  • Jangan mengganti air sekaligus, sebaiknya ganti dua pertiga air seminggu satu kali, karena ikan cupang membutuhkan bakteri untuk bertahan hidup.
  • Suhu air yang dibutuhkan sekitar 23 C – 28 C. Cupang jantan lebih senang di dalam air tanpa filter, sedangkan untuk betina lebih  cocok di dalam air yang di filter.
Makanan Cupang

Makanan ikan cupang antara lain: pelet, jentik nyamuk dan cacing merah. Ikan cupang memiliki masalah pada pencernaannya. Cupang yang mengalami masalah pencernaan dapat terlihat secara fisik yaitu perutnya terlihat kembung.

Masalah pencernaan ikan cupang bisa diatasi dengan memberi makanan berupa kacang polong satu kali seminggu. Kacang polong berguna untuk melancarkan sistem pencernaan. Jika hendak memberi kacang polong pastikan cupang tidak diberi makan apapun selama satu hari.

Berikut adalah cara mempersiapkan kacang polong untuk ikan cupang:
  • Siapkan kacang polong yang masih mentah, lalu rendam ke dalam air kurang lebih 10 menit agar kulitnya lunak. Setelah itu bersihkan kacang dari kulitnya lalu potong menjadi dua.
  • Cincang kacang hingga halus, masukkan ke dalam wadah ikan cupang. Agar ikan cupang memperhatikan makanan yang hendak diberikan bisa dengan cara menggerakkan jari di atas jari sebelum makanan diberikan. Cara tersebut dilakukan agar cupang tertarik dengan makanan.
Baca Juga: https://www.intipartikel.com/2015/03/cara-memelihara-ikan-hias-jenis-air.html

Demikian pembahasan mengenai cara memelihara ikan cupang, selain indah dan mudah untuk memeliharanya ternyata budidaya ikan cupang menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Berdasarkan penelitian ikan cupang bisa membunuh jentik nyamuk penyebab demam berdarah, jadi selain sebagai ikan hias, memelihara cupang bisa menjadi salah satu cara mencegah penyakit demam berdarah.

No comments:

Post a Comment