Sunday 1 February 2015

Jangan Biarkan Anak Anda Mengalami Obesitas


obesitas pada anak

Obesitas Pada Anak - Anggapan bahwa anak-anak gemuk itu sehat sudah tidak relevan lagi untuk sekarang ini, saat ini kegemukan atau dikenal dengan sebutan obesitas menjadi salah satu masalah kesehatan yang harus diwaspadai. Apa saja penyebab dan cara mengatasi obesitas pada anak? Berikut pembahasannya.


Resiko Kesehatan
Obesitas bisa berdampak pada hipertensi, intoleransi glukosa. Bila kegemukan terjadi sampai remaja/dewasa berpeluang terkena penyakit seperti: gangguan pernapasan, gangguan jantung, gangguan pada saluran pencernaan, diabetes mellitus. Selain itu anak bisa dengan mudah terkena iritasi kulit.

Ukuran Kegemukan 
Anak yang kegemukan adalah yang memiliki berat badan lebih, yaitu 110 – 120% atau lebih dari 120 % dari ukuran standar sesuai usianya. Apa yang menjadi penyebab obesitas? Bagaimana cara mencegah dan mengatasinya? Simak ulasannya berikut ini

Penyebab Obesitas
Obesitas pada anak bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah:
  • Faktor keturunan
Berdasarkan penelitian bila ayah dan ibu tidak gemuk kemungkinan anak menjadi gemuk hanya 9%, sedangkan bila salah satunya gemuk kemungkinan 50% anaknya juga gemuk tapi apabila keduanya gemuk maka peluang anak gemuk sebesar 66 – 80%
  • Lingkungan
Faktor ini bisa berkaitan dengan faktor keturunan. Karena anak-anak cenderung meniru kebiasaan orang tuanya yang memiliki kebiasaan makan berlebih dan gerak yang salah.
  • Susu formula
Pemberian ASI berpeluang lebih kecil untuk kegemukan dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula. Mengapa demikian? Karena secara alami komposisi dan volume pada ASI sesuai dengan kebutuhan bayi dan bayi bisa mengontrol kebutuhannya sendiri.

Sedangkan pemberian susu formula umumnya sesuai dengan standar takaran, padahal bisa saja kebutuhan bayi lebih sedikit. Selain itu banyak terjadi kesalahan saat mencairkan susu formula (terlalu kental) akibatnya bayi mengkonsumsi susu berlebihan.
  • Penyakit
Anak yang menderita meningomyelocle (myopathy) bisa menyebabkan menurunnya aktivitas anak sehingga anak kurang gerak.
  • Gaya Hidup
Dalam hal ini orang tua memiliki pengaruh dan peranan yang sangat besar, contohnya memilih dan memberikan asupan makanan yang sehat. Banyak anak-anak yang dibebaskan untuk makan apa saja tanpa mempertimbangkan kandungan gizi. 

Cara Mengatasi Obesitas

Mengatasi obesitas pada anak prinsipnya adalah mengembalikan berat badan mereka menjadi normal sesuai umurnya, bisa dengan diet. Diet pada anak bukan diet yang ketat dan harus dilakukan dengan hati-hati, karena anak-anak masih dalam proses pertumbuhan jika salah bisa membahayakan kesehatannya.   

Selain itu, memberikan makanan yang sehat sesuai dengan kandungan gizi yang diperlukan dan dibarengi dengan aktivitas fisik menjadi salah satu hal yang penting dalam mengatasi masalah obesitas.

Aktivitas fisik bisa berupa olahraga atau yang paling sederhana adalah dengan membiarkan anak bermain di halaman. Aktivitas fisik sebaiknya dilakukan secara rutin, menjadi aktivitas sehari-hari yang menyenangkan seperti: bermain sepedah, jalan-jalan pagi di taman.

No comments:

Post a Comment