Sunday 22 February 2015

Penyebab dan Cara Mengobati Keputihan

penyebab dan cara mengobati keputihan
Gambar: penyebab dan mengobati keputihan

Penyebab dan Cara Mengobati Keputihan - Vagina adalah organ wanita yang sangat sensitif yang harus dirawat dan dijaga kebersihannya, caranya bisa dengan dengan melakukan perawatan yang aman. Bagian sensitif wanita ini sangat rentan terkena, virus atau terinfeksi bakteri. Masalah yang sering terjadi pada bagian kewanitaan adalah keputihan.

Penyebab dan Ciri Keputihan

Keputihan adalah lendir yang keluar dari vagina yang disertai rasa gatal di dalam dan dinding vagina. Penyebabnya adalah akibat adanya infeksi yang menyebabkan terjadinya peradangan ke saluran kencing. Itu sebabnya mengapa jika keputihan disertai dengan sakit saat kencing.

Berdasarkan ciri-cirinya keputihan dapat disebabkan oleh faktor, yaitu:
  1.  Keputihan fisiologis adalah keputihan yang datang pada saat perubahan hormone atau masa subur.  Biasanya pada waktu sebelum dan sesudah haid. Ciri-cirinya lendir berwarna bening, dan tidak berbau. Biasanya keputihan fisiologis akan sembuh dengan sendirinya sesudah haid selesai.
  2. Keputihan Patologis, adalah keputihan yang disebabkan karena masuknya bateri atau infeksi pada vagina. Infeksi bisa disebabkan karena virus ataupun jamur. Ciri keputihan patologis lendir berwarna putih susu, atau hijau kekuning-kuningan, jika keputihan sudah parah lender tersebut bisa bercampur darah

Tips Mencegahan Keputihan

Keputihan sebaiknya cepat diobati, jika terlalu lama di diamka keputihan akan bertambah parah dan bisa merembet ke rahim kemudian kesaluran indung telur dan kerongga panggul.

Keputihan yang sangat parah bisa menyebabkan mandul. Keputihan juga bisa merupakan gejala awal dari kangker mulut rahim. Oleh sebab itu jika mulai terjadi keputihan perlu dilakukan pencegahan agar tidak menjadi lebih parah. Pencegahan dapat dimulai dari diri sendiri, yaitu dengan cara:
  • Makan dan minum yang sehat dan mengandung gizi.
  • Pola hidup sehat dengan cara cukup tidur, olah raga, hindari minuman yang mengandung alkohol dan hindari tekanan emosi/ stres
  • Gunakan celana dalam dengan bahan yang nyaman dan bisa menyerap keringat, ganti celana dalam minimal sehari dua kali.
  • Cuci bersih vagina setelah melakukan buang air kencing. Jika ke toilet umum perhatikan air di baknya, sebaiknya cucilah dari air yang mengalir.
  •  Jika sedang haid, ganti pembalut. Setiap hendak mengganti pembalut bersihkan terlebih dahulu vagina.

Cara mengobati keputihan

Cara mengobati keputihan bisa dengan obat dari dokter ataupun obat yang diracik secara tradisional. Obat tradisional dengan ramuan herbal alami tidak memiliki efek samping karena tidak mengandung bahan kimia, selain itu obat tradisional menggunakan bahan yang mudah didapat dan caranyapun cukup mudah sehingga bisa dibuat sendiri. Beberapa obat tradisional untuk mengobati keputihan adalah:

1. Daun Sirih.    Agar rasa gatal dan bau berkurang yang disebabkan keputihan bisa menggunakan daun sirih. caranya : rendam dan didihkan, lalu diamkan sampai dingin. Air daun sirih yang sudah digodok dipakai untuk membersihkan vagina. Lakukan secara teratur waktu pagi dan sore.

2. Kunyit. Kunyit dapat digunakan sebagai obat luar dan obat dalam. 
  • Kunyit untuk obat luar: iris kunyit tipis-tips kemudian rebus sampai mendidih. Diamkan sampai hangat. Air kunyit tadi dipakai untuk membersihkan vagina. Lakukan secara teratur pagi dan sore sampai sembuh.
  • Kunyit sebagai obat dalam, ramuannya: 20 gram kunyit dipotong-potong, sambiloto kering 10 gram, 15 gram kulit delima kering dicuci, kemudian direbus sampai airnya tersisa 300cc. kemudian saring, air kunyit dapat diminum 2 kali sehari secara teratur. Anda bisa menambahkan gula aren atau madu. 
Demikian ulasan singkat mengenai penyebab dan cara mencegah, mengobati keputihan. Semoga dapat menambah informasi dan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment