Monday 9 February 2015

Tips Tata Letak Ruang Belajar Untuk Anak

desain ruang belajar anak yang nyaman
ruang belajar anak

Ruang belajar merupakan salah satu ruangan di rumah yang harus diperhatikan, khususnya bagi Anda yang sudah memiliki anak. 

Ruang belajar harus ditata menarik dan senyaman mungkin karena ruang belajar merupakan salah satu faktor pendukung meningkatkan potensi anak.  Berikut kami berikan informasi dan tips tata letak ruang belajar yang nyaman.


Warna Dinding
Pilih warna yang tepat, warna-warna yang cerah akan membantu ruang terlihat lebih luas. seperti hijau muda, biru muda/ biru langit, kream, biru atau putih. Warna tersebut akan membawa rasa tenang.

Meja belajar
Ada banyak pilihan meja belajar yang bisa digunakan. Jika ruang belajar cukup luas, bisa menggunakan meja belajar yang sudah dilengkapi dengan rak buku, laci dan kursi. Namun jika ruangan tidak terlalu besar, sebaiknya gunakan meja belajar ukuran kecil, dengan posisi duduk dibawah. Agar nyaman siapkan alas duduk yang empuk.

ruang belajar untuk anak
ilustrasi ruang belajar anak
Jangan tempatkan meja belajar dekat dengan kasur, tapi jika berdekatan Anda bisa menempatkan meja di samping atau membelakangi tempat tidur. Dengan posisi tersebut menghindari anak belajar di tempat tidur atau memilih tiduran ketimbang belajar.

Simpan rak buku tidak jauh dari meja belajar, agar ruangan terlihat lebih luas bisa menggunakan rak gantung yang ditempel di dinding. 

Jendela
Aturlah sirkulasi udara. Bisa dengan kipas angin atau AC, namun lebih baik jika kamar belajar memiliki jendela yang mengatur sirkulasi udara yang lebih alami secara teratur. Letakkan meja belajar dekat jendela.

Lampu
Pencahayaan sangatlah penting. Karena itu, pastikan ruangan cukup terang. Cahaya yang kurang terang bisa membuat anak kurang bersemangat dan bisa menyebabkan gangguan kesehatan mata.

Suasana yang Nyaman
Suasana yang nyaman bisa membuat anak lebih betah belajar. Ada banyak cara agar suasana ruang belajar menjadi nyaman, misalnya dengan mendesain ruang semenarik mungkin. Bisa dengan menempelkan poster tokoh kartun atau bintang idola yang Anak sukai, kata-kata motivasi dsb.

Demikian pembahasan mengenai tata ruang kamar belajar anak agar lebih nyaman, semoga artikel ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment