Thursday 5 March 2015

Cara Memelihara Ikan Hias Jenis Air Tawar

cara memelihara ikan hias air tawar di akuarium

Cara memelihara ikan hias jenis air tawar tidak bisa sembarangan, walaupun caranya cukup mudah namun diperlukan ketelatenan agar ikan tidak cepat mati. Memiliki ikan hias di akuarium, bukan hanya sebagai penghias ruangan saja, namun lebih jauhnya  suara gemerecik air dan warna-warni ikan yang menawan bisa menjadi terapi membuat pikiran lebih rileks. 

Ikan Hias Air Tawar
 
Cara merawat atau memelihara ikan hias air tawar lebih mudah dibandingkan dengan memelihara ikan jenis air laut. Walaupun demikian, cara memelihara ikan hias air tawar tidak bisa disamaratakan, karena cara memeliharanya tergantung pada jenis ikan yang Anda dipelihara. 

Misalnya cara memelihara ikan koki akan berbeda dengan ikan jenis cupang. Namun secara umum beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain adalah sebagai berikut:
  • Tempat
Memelihara ikan hias bisa di dalam akuarium atau kolam. Ukuran akuarium atau kolam harus disesuaikan besar kecilnya dengan jumlah dan ukuran ikan hias yang dipelihara. Jika jumlah ikan di dalam akuarium tidak sesuai dengan besarnya akuarium, atau ikan terlalu penuh sesak bisa menyebabkan ikan-ikan menjadi stress.
  •  Bersihkan Secara Rutin
Jika Anda memilih akuarium sebagai tempatnya, terlebih dahulu akuarium harus dibersihkan, kemudian keringkan. Jangan langsung mengisinya dengan air, hal ini untuk menghindari bakteri dan virus yang bisa menyebabkan ikan sakit. Perhatikan keadaan air akuarium jika sudah terlihat keruh atau kotor segera ganti. Air akuarium bisa diganti setelah 3 hari.
  •  Jika Ikan Sakit
·     Jika ada salah satu ikan yang sakit, segera pisahkan agar penyakitnya tidak tertular ke ikan lainnya. Biasanya penyakit ikan seperti white spot, jamur dan cacing.
  • Makanan
Masing-masing ikan hias memiliki makanan kesukaan yang berbeda, jadi jangan samakan makanan ikan hias yang satu dengan yang lainnya. Jadwal memberi makan ikan harus diatur, untuk ikan hias sebaiknya jangan terlalu banyak member makanan. Sedikit saja namun sering. Jika member makan sekaligus dengan jumlah yang banyak bisa membuat akuarium cepat kotor. Untuk menetralkan kandungan kaporit bisa menambahkan sedikit  zat klorin.

Baca Juga: https://www.intipartikel.com/2015/02/cara-memelihara-ikan-cupang.html

Demikian tips intip mengenai cara memelihara ikan hias air tawar, semoga artikel ini bemanfaat, khususnya bagi pembaca yang menyukai ikan hias atau yang sedang mencoba untuk memelihara ikan hias. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment