Sunday 1 March 2015

Cara Mencegah dan Mengatasi Pikun

cara mencegah dan mengatasi pikun
Gambar: cegah dan cara mengatasi pikun
Cara Mencegah dan Mengatasi Pikun - Menjadi tua adalah hal yang alami yang akan dialami oleh manusia. Semakin bertambah usia, menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh dan otak. Namun, hal tersebut bisa dicegah dengan gaya hidup sehat dan aktivitas yang positif.

Gejala Pikun

Dementia adalah istilah medis yang digunakan untuk menyebut pikun. Pikun bukan penyakit spesifik, istilah pikun digunakan untuk menggambarkan seseorang yang mengalami gejala seperti:

  • Menurunnya kemampuan mengingat dan komunikasi. 
  • Menurunnya kemampuan untuk menilai atau mengemukakan pendapat. 
  • Terjadi disorentasi dan tingkah laku yang mengalami perubahan, mudah marah, kecewa dan putus asa. 
  • Mengalami gangguan untuk mempersepsikan visual dan sulit untuk focus.
Pikun atau pelupa ternyata tidak hanya gejala milik orang tua, bahkan tidak jarang orang yang masih muda kerap menjadi pelupa. Jika Anda salah satu diantaranya atau jika Anda memiliki orang tua yang sudah tua dan sering lupa, ada cara untuk mencegah datangnya pikun, salah satunya adalah dengan melakukan berbagai macam aktivitas. 

5 Aktivitas Melatih Daya Ingat

Aktivitas apa saja yang cocok untuk melatih daya ingat? Simak dalam intip berikut ini.

  • Sediakan buku-buku dengan tema yang disukai atau diminati. Pilih isi buku yang menggunakan bahasa/ kata-kata yang sederhana. 
  • Menonton film, acara televisi, mendengarkan musik atau bisa pula dengan mengajak ke suatu tempat yang membantunya mengingat akan sesuatu hal (bernostalgia) atau yang membuatnya memikirkan sesuatu (berimajinasi). 
  • Ajak bermain dengan permainan yang dapat melatih konsentrasi otak. Pilih permainan yang sederhana dan ringan, contohnya: bermain catur, puzzle, teka teki silang dsb. 
  • Ajak untuk mendongengkan cerita untuk cucu. Dengan aktivitas membaca/ mendongengkan secara tidak dapat merangsang aktivitas pada otak. 
  • Olah raga rutin di pagi hari. Olahraga di pagi hari sangat bagus untuk kesehatan, udara yang segar dan sejuk dapat membantu menghilangkan stress. Olah raga ringan seperti jalan kaki, berlari-lari kecil selama 10 – 15 menit bisa menjadi pilihan yang tepat.
Menjaga Komunikasi Dengan Baik

Selain 5 tips tersebut, yang lebih penting adalah tetap menjaga komunikasi dengan baik. Komunikasi sesama keluarga merupakan hal yang penting dalam meningkatkan daya ingat.

Seperti orangtua kita yang dengan sabar dan tidak pernah lelah untuk selalu mengingatkan dan mengajarkan kita akan banyak hal saat kita masih kecil dan beranjak dewasa, maka sudah menjadi kewajiban seorang anak untuk membantu dan memberikan kasih sayang saat ayah dan ibu saat mereka memasuki usia senja.

Demikian informasi dan tips mengenai cara mencegah dan mengatasi pikun. Bukan sesuatu yang tidak mungkin orang yang usianya mencapai 80-90han masih memiliki daya ingat yang kuat, dan jangan sampai yang masih berumur muda mengalami masalah pikun, pelupa. Semoga artikel ini dapat menambah referensi dan bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment