Saturday 14 March 2015

Cara Merawat Kucing Agar Bersih dan Sehat

cara merawat kucing agar bersih dan sehat
Gambar: merawat kucing

Kucing adalah salah satu hewan yang banyak dipelihara. Memiliki binatang peliharaan bukan hanya sekedar hobi, namun bisa menjadi salah satu kebutuhan mengungkapkan rasa kasih sayang sesama makhluk hidup.

Banyak jenis-jenis kucing yang dipelihara, ada kucing angora, Persia bahkan kucing kampung/ jalanan-pun bisa dipelihara. 

Merawat kucing kampung sama halnya dengan merawat kucing hias harus dengan kasih sayang dan perawatan yang benar. Kucing kampung tidak kalah menggemaskan, lucu dan memiliki bulu yang indah jika dirawat dengan baik dan benar.  

Berikut ini informasi mengenai cara memelihara dan merawat kucing yang benar.

Memberi Makan

Memberi makan kucing bisa 3 – 4 kali dalam sehari. Makanan yang diberikan bisa mempengaruhi kesehatan dan daya tubuhnya. Walaupun kucing kampung jangan biarkan makan tikus, kodok atau hewan lainnya.

Beri makanan yang mengandung protein dan vitamin. Makanan kucing bisa dibeli di phatshop, namun sebaiknya atur jenis makanan yang diberikan contohnya sesekali berikan ia sarden atau pindang yang dicampur dengan nasi. Kucing menyukai makanan serba ikan, tapi sebaiknya jangan beri ia ikan asin, karena bisa menyebabkan bulu-bulunya rontok.

Memberi minum kucing harus air putih yang sudah matang dan ditempat yang bersih. Bisa memberikan susu 2 – 3 sendok makan sehari.

Merawat Kulit dan Bulu

Selain makanan yang dapat mempengaruhi kesehatan dan indahnya bulu kucing cara merawat juga menjadi faktor yang menentukan. Dengan perawatan yang baik dapat mencegah penyakit seperti kutu, jamur dsb. Cara merawatnya bisa dengan menyisir bulu secara teratur dan memandikannya minimal 2 kali dalam satu bulan.

Tempat Kotoran

Biasanya kucing memiliki naluri membuang kotoran di luar mencari tanah namun sediakan untuk menyediakan tempat kotoran di dalam rumah. Tempat kotoran bisa berupa tanah atau pasir khusus yang bisa dibeli di phatshop.

Biasakan kucing untuk membuang kotoran di luar rumah dan di tempat yang sudah disediakan. Hal tersebut bisa dimulai saat ia masih kecil atau jika dipeliharanya sudah mulai besar tidak ada waktu terlambat untuk membiasakan kucing mengikuti aturan.

Perlengkapan 

Ada beberapa perlengkapan yang perlu disediakan dalam perawatan kucing, yaitu:

  • Tempat makanan dan minum khusus kucing
  • Tempat menyimpan makanan 
  • Tempat untuk buang kotoran
  • Serok untuk membuang kotoran di bak pasir
  • Kandang sesuai dengan ukuran besar kecilnya kucing 
  • Perlengkapan mandi (shampoo), handuk dsb
  • Sisir, gunting kuku dsb.

Vaksinasi 

Memberi vaksin kucing sangat dianjurkan. Sama halnya dengan manusia, sesudah diberi vaksin tubuh jadi memiliki kekebalan dan daya tahan yang kuat terhidar dari bakteri dan virus penyebab penyakit. Bakteri yang sering menyerang virus panleukopenia, calici, rabies dsb.

Idealnya vaksin diberikan saat kucing berumur 8 – 10 minggu, kemudian diulang lagi saat 1 bulan berikutnya. Setelah itu kucing bisa divaksin setiap tahun. Untuk lebih jelas bisa konsultasi ke doktor. Selain divaksin, kucing juga perlu diberi vitamin.


No comments:

Post a Comment