Saturday 21 March 2015

Cegah Penyakit Ginjal Dengan Cara Mengkonsumsi Makanan Pembersih Ginjal


cara mengkonsumsi makanan pembersih ginjal
Gambar: makanan pembersih ginjal
Gangguan ginjal bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, salah satunya yang bisa berbahaya adalah penyakit gagal ginjal. Untuk mencegah terjadinya gangguan ginjal salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang dapat membersihkan ginjal. Mengapa ginjal perlu dibersihkan? Simak pembahasannya dalam intip berikut ini.

Akibat adanya penumpukan darah setiap harinya ke dalam ginjal, menyebabkan timbulnya racun yang bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit, seperti: batu ginjal, kerusakan ginjal bahkan yang lebih parah bisa menyebabkan gagal ginjal dan menyebabkan kematian. 

Fungsi Ginjal

Ginjal memiliki fungsi yang sangat vital bagi tubuh. Berikut adalah fungsi ginjal bagi tubuh kita:
  • Mengatur jumlah garam yang terdapat di dalam tubuh
  • Mengatur jumlah kandungan air yang terdapat di dalam darah
  • Menjaga keseimbangan kandungan asam basa di dalam tubuh dan mencegah munculnya kelainan pada darah.
  • Memproses kerja vitamin D dan mengatur berbagai macam vitamin yang larut di dalam darah.
  • Memproduksi hormon eritropoitein
  • Melindungi tubuh dari zat yang berbahaya dan bertugas mengeluarkan racun.
Makanan Pembersih Ginjal

Membersihkan ginjal adalah langkah pencegahan terkena penyakit akibat kerusakan ginjal. Ginjal perlu dibersihkan karena fungsinya yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Cara membersihkannya sangat mudah, hanya dengan mengkonsumsi makanan yang dipercaya mampu membersihkan ginjal. 

Makanan pembersih ginjal terdiri dari beberapa jenis buah-buahan dan sayuran, beberapa diantaranya adalah:

Buah Apel dan Lemon

Apel dipercaya dapat membersihkan ginjal karena kandungan didalamnya dapat meningkatkan antioksidan secala alami. Hal tersebut terdapat pula dalam buah lemon. Buah lemon dipercaya dapat memecah dan melarutkan batu ginjal.

Cara mengkonsumsinya bisa dengan membuat menjadi minuman segar (jus). Membuat jus apel bisa langsung dengan kulitnya. Karena kulit apelpun memiliki kandungan gizi dan vitamin yang baik untuk tubuh. 

Buah Semangka

Buah semangka dipercaya dapat membantu membuang racun yang terdapat dalam ginjal, caranya racun yang berbentuk batu Kristal dipecahkan menjadi kecil. Namun, bagi penderita diabetes sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsimsi buah semangka.

Mentimun

Mentimun salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan air yang banyak dan dipercaya dapat membantu masalah pada ginjal dan kantung kemih. Air yang terdapat pada mentimun sangat membantu kerja ginjal dengan cara melancarkan proses urinasi (lancar saat buang air kencing). 

Paprika Merah

Keracunan dalam ginjal bisa dicegah apabila racun-racun di dalam darah bisa dipecahkan, salah satu makanan yang bisa memecahkan racun di dalam darah adalah paprika merah. Sehingga kesehatan darah bisa menjadi baik. 

Demikian pembahasan singkat mengenai makanan pembersih ginjal. Selain makanan, yang tidak kalah penting adalah minum air putih secara teratur setiap hari. Air putih terbukti bisa membantu fungsi kerja ginjal dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment