Saturday 21 March 2015

Mengenal Lebih Dalam Apa itu Demokrasi

mengenal lebih dalam apa itu demokrasi
Gambar : Demokrasi
Demokrasi secara luas diartikan sebagai suatu sistem pemerintahan yang mengakui hak seluruh anggota masyarakat unruk mempengaruhi keputusan politik, baik dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. 



Asal Kata Demokrasi


Demokrasi berasal dari bahasa Yunani, yaitu demos dan kratia. Demos artinya rakyat sedangkan Kratia artinya pemerintahan. Awalnya istilah demokrasi digunakan di kota Athena Yunani. Saat itu, di Athena demokrasi dapat berjalan dengan baik, karena jumlah penduduknya yang sedikit dapat dengan mudah menjalankan sistem demokrasi secara langsung.

Sistem demokrasi langsung adalah demokrasi yang melibatkan masyarakat dalam pertemuan dan bersama-sama menentukan suatu keputusan langsung. Demokrasi langsung memang lebih efektif dan mudah diaplikasikan dalam masyarakat yang jumlah penduduknya sedikit karena lebih mudah diorganisir.

Macam – Macam Demokrasi


Demokrasi adalah sistem yang bukan hanya terdapat dan digunakan dalam suatu sistem pemerintahan saja tetapi berkaitan erat dengan berbagai aspek kehidupan. Walaupun pada mulanya hanya digunakan dalam bidang politik , kemudian meluas mencakup hak asasi manusia

Yang menjadi landasan pokok pemerintahan demokrasi adalah pengakuan hakekat manusia yang berhubungan dengan adanya kesetaraan hak yang sama. Berdasarkan hal tersebut maka dapat ditarik dua azas pokok yaitu:

  1. Pengakuan partisipasi rakyat di dalam suatu pemerintahan, yaitu pemilihan wakil rakyat dengan bebas dan rahasia. 
  2. Adanya pengakuan hakekat dan martabat manusia, yaitu tindakan pemerintahan untuk melindungi hak asasi manusia.

Demokrasi Parlementer


Di dalam demokrasi parlementer terdapat pembagian kekuasaan yaitu kekuasaan legislatif terletak di atas kekuasaan eksekutif. Dalam sistem parlementer para menteri bertanggung kawab kepada badan legislative (Dewan Perwakilan Rakyat – DPR). Demokrasi parlementer hampir sepenuhnya dilaksanakan di Amerika. Adapula sistem demokrasi parlementer digunakan di berbagai Negara di dunia contohnya di Prancis, Belgia, Belanda dsb.

Beberapa Negara berkembang di dunia menggunakan sistem demokrasi contohnya di Negara-negara Afrika dan Asia, namun penerapan demokrasi yang digunakan berbeda antara Negara yang satu dengan yang lainnya.

Ada yang melaksanakan demokrasi liberal ala Eropa ada pula yang melaksanakannya ala Amerika. Namun tidak sepenuhnya Negara-negara lain meniru demokrasi Negara lain. Sistem demokrasi suatu Negara dipengaruhi oleh berbagai macam faktor di dalam negaranya yang mempengaruhi pula bentuk pemerintahannya, sehingga terjadi semacam desintegrasi antara pengaruh luar dan dari dalam Negara itu sendiri.

No comments:

Post a Comment