Saturday 7 March 2015

Menghilangkan Pegal-Pegal dengan Relaksasi Pijat Sendiri

menghilangkan pegal dengan pijat sendiri
Gambar: cara pijat sendiri
Sering melakukan aktivitas setiap hari membuat otot-otot menjadi kaku dan badan pegal-pegal. Untuk memulihkan tenaga dan vitalitas secara instan bisa dengan melakukan pijatan sendiri disekitar kepala dan bahu. Untuk melakukan pijat sendiri bisa mencobanya dengan mengikuti gerakan-gerakannya yang akan kita bahas dalam dalam artikel ini.


Lakukan Persiapan

Sebelum memulai pemijatan persiapkan beberapa hal sebagai berikut:
Relaksasi lebih enak jika suasana dalam ruangan tenang. Atau boleh juga dengan menyalakan musik jenis instrumental. Matikan lampu dan nyalakan lilin aroma terapi, selain mendapatkan cahaya yang temaram, aroma terapi memberikan keharuman yang bisa menenangkan pikiran.

Melakukan pijat sendiri bisa dilakukan sambil sambil duduk di kursi atau dilantai dengan alas yang nyaman dan empuk. Gunakan pakaian yang nyaman dan longgar.

Gerakan Pemijatan Sendiri

Sering mengalami sakit kepala, serasa penat bisa melakukan pijatan disekitar leher, kulit kepala dan bagian mata.

1. Mata 
Gerakan mata caranya adalah: pandanglah objek yang jauh yang berwarna hijau atau biru. Anda bisa menyimpan gambar, poster atau lukisan yang memiliki nuansa hijau atau biru. Pandang objek tersebut beberapa saat sambil mengatur napas pelan-pelan. Kemudian gerakkan bola mata secara perlahan membentuk angka delapan memanjang. Ulangi sampai mata terasa lelah.

2. Leher  
Miringkan kepala ke kanan dan ke kiri. Setiap gerakan ke kanan dan kekiri sambil ditahan beberapa detik sampai otot sekitar bagian leher meregang. Lalu tundukkan kepala dan pijat bagian leher belakang dengan jari-jari tangan. Lakukan gerakan menekan dan memutar.

3. Kepala 
Letakkan jari-jari kedua tangan Anda di sekitar kepala dengan posisi jari terbuka. Lalu tutup mata dan mulai telusuri seluruh bagian kepala dimulai dari dahi sampai pangkal leher, lakukan dengan sedikit tekanan. Ulangi beberapa kali.

4. Bahu
Pijatan di sekitar bahu dan sekitarnya sangat membantu membuat badan kembali segar dan dapat mengembalikan vitalitas. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pijat bahu seperti gerakan sedang meremas. Lakukan mulai dari bawah leher sampai lengan bagian atas. Saat memijat bahu bagian kanan lakukan dengan tangan kiri, begitupun sebaliknya saat memijat bahu kiri lakukan dengan tangan kanan.
  • Tegakkan kepala. Lalu pijat secara bersamaan bahu kanan dan kiri, lakukan seperti gerakan seperti meremas dimulai dari bagian bawah leher, kemudian ke bahu, lalu ke punggung bagian atas kemudian ke tulang belikat. Raih sejauh mungkin ke belakang dengan cara ditekan-tekan (bagian punggung atas). Lakukan secara bergantian antara tangan kanan dan tangan kiri.

Nah, mudah bukan? Bila tidak sempat ke tukang pijat, Anda bisa melakukannya sendri agar otot-otot tidak kaku dan pegal-pegalpun hilang sehingga bisa beraktivitas kembali dengan nyaman. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment