Monday 2 March 2015

Merawat Rambut Sebelum Tidur Bikin Rambut Indah, Tidurpun Nyenyak

cara merawat rambut sebelum tidur
Gambar: merawat rambut sebelum tidur

Merawat Rambut Sebelum Tidur – pernah mengalami saat bangun tidur rambut acak-acakan dan susah disisir? hal tersebut tentu membuat kesal. Ternyata masalah tersebut disebabkan karena tidak melakukan perawatan rambut saat malam hari. Walaupun seperti masalah sepele ternyata perawatan rambut sebelum tidur memiliki efek besar dalam merawat dan menjaga kesehatan rambut. Bagaimana cara merawat rambut sebelum tidur? Simak dalam intip berikut ini.

Manfaat Perawatan Rambut Sebelum Tidur

Merawat rambut merupakan sebuah upaya yang dilakukan agar kulit kepala dan rambut menjadi sehat dan indah. Perawatan rambut yang biasa kita lakukan adalah dengan mencucinya secara rutin. Perawatan rambut tidak selalu harus ke salon, bisa dilakukan sendiri di rumah caranya bisa dengan memberikan  vitamin, pelembab atau condisioner dan bisa dilakukan setiap hari sebelum tidur.

Step by step Perawatan Rambut Sebelum Tidur

Bukan hanya tubuh yang memerlukan istirahat, rambutpun memerlukan istirahat. Agar rambut bisa menjalankan fungsinya dengan baik, ikuti cara-cara merawat rambut sebelum tidur sebagai berikut:
  • Jika memungkinkan sebelum tidur keramas terlebih dahulu, terutama bagi Anda yang baru pulang beraktivitas di luar ruangan atau menggunakan hair spray atau bahan lainnya, karena debu-debu atau zat kimia yang masih menempel pada kulit bisa menyebabkan rambut mudah rontok dan ketombean. 
  • Keringkan rambut, jangan tidur dalam keadaan rambut masih basahSaat tidur jangan gunakan asesoris rambut seperti bando, ikat rambut dsb. 
  • Mengikat rambut terlalu kencang saat tidur bisa menyebabkan rambut kusut dan tidak bisa bernafas. Bagi yang memiliki rambut panjang bisa menguncir longgar rambut. Dengan demikian rambut tidak menjadi berantakan saat bangun dan masih bisa bernapas dengan baik.
  • Jangan biasakan tidur dengan keadaan rambut Sebelum tidur sisir rambut yang kusut, terlebih dahulu, caranya sisir rambut mulai dari belakang kepala. Lakukan secara perlahan-lahan selama 5 -10 menit. Bisa menggunakan sisir yang memiliki gigi jarang.
  • Setelah disisir,  gunakan pelembab khusus, vitamin atau minyak rambut secara rutin seminggu 3x. Kandungan nutrisi pada minyak rambut atau pelembab bisa mencegah rambut dari kerusakan. mulai dari ujung hingga akar rambut, agar terjaga kelembabannya. enggunakan vitamin atau minyak rambut bisa membuat rambut lebih mudah disisir pada keesokan paginya. Melembabkan rambut sebelum tidur bisa dengan bahan-bahan alami seperti minyak zaitun.
  • Gunakan bantal yang lembut. Bantal yang berbahan kasal bisa membuat rambut mudah rontok. Oleh sebab itu pemilihan bahan bantal menjadi penting. Bantal yang lembut selain membuat tidur lebih nyenyak bisa membuat rambut terjaga.

Membiasakan diri merawat rambut sebelum tidur banyak manfaatnya, yaitu dapat mengurangi masalah pada rambut seperti: mencegah kerontokan, rambut mudah kusut, bercabang dan lain sebagainya. Jadi, untuk memiliki rambut indah dan sehat tidak harus mengeluarkan biaya besar, cukup dengan lakukan tips sederhana yang sudah disebutkan, semoga artikel ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment