Friday 27 March 2015

Nikmatnya Panganan dari Bahan Jagung Manis

Olahan Jagung Manis
Jagung manis adalah salah satu yang ditemukan oleh Christopher Columbus ketika ia menemukan benua Amerika pada tahun 1492. Jauh di tempat asalnya – Amerika _ ternyata jagung merupakan makanan yang digemari dan bisa diolah menjadi berbagai macam panganan sesuai selera masing-masing.



Kandungan Gizi


Jagung manis memiliki 123 kalori dalam 100 gram biji atau kira-kira sejumlah biji-biji yang terdapat dalam satu bongkol biji. Dengan mengoleskan mentega dapat mengakibatkan adanya ekstra kalori. Kalori yang terdapat dalam jagung berasal dari kandungan karbohidrat yang berjumlah 11 gr dalam setiap 100 gr jagung. Sedangkan kandungan proteinnya 3 gr dan kandungan lemak di bawah 1 gr per 4 ons / 100 grm.  Selain itu, jagung manis  juga memiliki kandungan vitamin A, C dan sejumlah kalium dan magnesium yang berguna bagi tubuh.

Cara / Tips Penyajian


  • Jagung Panggang

Jagung manis panggang yang diolesi mentega adalah cara yang mudah untuk meyajikan jagung. Tempatka jagung dalam wadah hidangan sehingga bongkol jagung yang panas bisa dipegang.

  • Jagung Dingin

Jika di dalam sebuah resep disebutkan “biji jagung dingin” masak seluruh bongkol dalam air mendidih terlebih dahulu. Setelah mendidih lalu keringkan dan garuk bijinya dengan mengguakan pisau hingga terlepas dari bogkol tempatnya bercokol. Bila jagung akan dihindangkan tidak dengan bongkolnya, caranya belah menjadi irisan kemudian panggang pada masing-masing sisinya hingga berwarna kecoklatan.  

  • Sup Krim Jagung
Jika jagung akan diolah menjadi sup krim, resepnya adalah sebagai berikut:
  1. Siapkan wajan, lalu masukkan 2 sendok makan minyak goreng. Tunggu hingga minyak panas, kemudian masukkan 1bawang yang sudah dicincang. 
  2. Goreng hingga bawang layu, tapi jangan sampai bawang berwarna kecoklatan. 
  3. Tambahkan 12 ons atau sekitar 350 gram biji jagung, kemudian aduk. 
  4. Masukkan 1 liter kaldu ayam, lalu tambahkan 1 sendok makan daun bawang rajan yang masih segar. Didihkan hingga kurang lebih 20 menit. 
  5. Buatlah sup kental dengan bantuan blender, namun jangan dibleder terlalu lumat. 
  6. Tahap terakhir, tambahkan 3 sendok makan krim lalu bumbui dengan garam, lada hitam atau apapun tergantung selera Anda dan keluarga.
Kemudian panaskan dan hidangkan dalam keadaan hangat.

  • Cemilan Jagung 
Anak-anak sangat menyukai makanan yang terbuat dari bahan jagung manis. Berikut adalah salah satu resep yang bisa Anda coba:
  1. Kocok 2 butir telu hingga rata, lalu masukkan merica dan garam. Kemudian tambahkan 10 ons / 275 gram biji jagung manis.   
  2. Siapkan wajan kemudian masukkan 1 ons/ 25 gram mentega. Setelah mentega mencair masukkan campuran telur jagung. Goreng hingga warna disisi luarnya kecoklatan.Angkat dan sajikan. 

Panganan jagung manis bisa dihidangkan dengan salad tomat. Untuk para vegetarian bisa mecoba dengan menggunakan bayam, merica merah, irisan bawang dan jagung manis di atas adonan atau bisa digunakan sebagai bahan pizza. Selamat mencoba.


No comments:

Post a Comment