Monday 2 March 2015

Pakaian Untuk Wawancara Kerja, Tetap Kheren Namun Sopan

pakaian untuk wawancara kerja
Gambar: suasana saat wawancara kerja
Pakaian untuk wawancara kerja harus dipilih dengan pas dan tepat, karena gaya berpakaian saat wawancara kerja bisa menjadi pendukung Anda diterima di perusahaan.

Bagi pembaca yang sedang mencari pekerjaan, tentu hal yang menggembirakan jika surat lamaran direspon dan masuk ke tahap selanjutnya mendapat panggilan interview / wawancara. Dengan adanya panggilan wawancara, ada kemungkinan terbuka peluang diterima di perusahaan yang Anda inginkan.

Selain mampu menjawab pertanyaan, dalam wawancara kerja penampilan berpakaian bisa menjadi poin penting. Pewawancara akan lebih respek jika penampilan Anda sopan dan tepat. Berikut adalah poin-poin yang harus Anda persiapkan saat wawancara kerja agar tidak salah kostum dan mati gaya saat wawancara. 

Pakaian

Pakai pakaian formal. Perpaduan atasan dan bawahan atau stelan pakaian formal yang bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut:

  • Atasan kemeja bisa dipadu dengan rok. Jangan gunakan rok yang terlalu pendek atau terlalu panjang dengan ukuran yang terlalu lebar.
  •  Blazer bisa menjadi pilihan pakaian yang digunakan untuk wawancara, pakaian bagian dalam bisa kemeja polos atau kaos polos. jangan gunakan model kerah yang terlalu rendah dan bahan tipis.
  • Jangan gunakan bahan jeans. Walaupun menggunakan jeans nampak rapi tetap saja tidak sopan, karena terlihat tidak sopan dan professional. Hal ini berlaku pula untuk laki-laki.
  • Pilih warna pakaian dengan kombinasi bawahan dan atasan yang tepat. Contohnya jika Anda memilih warna cerah sebaiknya pilih salah satu apakah atasannya atau bawahannya. Warna cerah bisa dikombinasikan dengan warna gelap. Contohnya Anda memilih blazer dan rok warna hitam bisa dipadu dengan daleman kemeja warna cerah.
Assesories 

Asseosires membantu menunjang penampilan Anda, namun sebaiknya pilih model dan warna yang sesuai. Assesories bisa disesuaikan dengan warna pakaian. Misalnya Anda memilih pakaian serba coklat, bisa menambahkan kalung, anting, syal, dsb. Gunakan assesoris sewajarnya saja, jangan terlalu mencolok. 

Sepatu

Sepatu untuk wawancara kerja bisa menggunakan model highhills yang berkesan formal. Jangan memilih sepatu dengan hiasan atau warna yang mencolok. Warna gelap bisa menjadi pilihan. 

Tas
Gunakan tas yang tidak terlalu besar, juga tidak terlalu kecil yang bisa masuk buku, alat tulis dan kebutuhan lainnya seperti kosmetik, handphone dsb. Pilih tas dengan warna yang klop dengan pakaian. 

Dengan penampilan yang baik dan pas, akan memberikan kesan yang baik pula dan Anda memiliki peluang lebih besar diterima daripada calon karyawan yang penampilannya tidak sopan. Demikian tips pakaian yang tepat untuk wawancara pekerjaan.  

No comments:

Post a Comment