Thursday 12 March 2015

Sejarah Panjang Dentangan Lonceng Kemerdekaan Amerika

lonceng kemerdekaan amerika
Gambar: lonceng Liberty bell

Lonceng kemerdekaan Amerika – Lonceng kemerdekaan benda bersejarah dan berharga menjadi lambang sejarah Amerika di masa lampau. Saat ini lonceng tersebut tergantung tenang di dalam sebuah kamar kecil di lantah bawah menara independent Hall di Philadelphia.

Hampir selama 100 tahun suara dentangannya dimanfaatkan untuk memperingati kemerdekaan. Namun pada tahun 1846 ia berhenti berdentang, kemudian pada tahun 1915 lonceng tersebut disimpan di lantai menara bawah tanah.

Lonceng kemerdekaan ini memilik beberapa nama. Nama yang pertama kali diberikan adalah State House Bell atau Lonceng Gedung Negara. Majelis permusyaratan Pennsylvani yang memesan lonceng tersebut untuk gedung Negara yang sekarang disebut Independent Hall. Lonceng tersebut baru tiba pada tahun 1752 lonceng yang beratnya lebih dari satu ton dan tinggi lebih dari 3 kaki.

Pada tanggal 8 Juli 1776 dentangan lonceng menjadi penanda kemerdekaan bangsa Amerika dan tanda dimulainya api revolusi untuk kemerdekaan. Sejak itulah kemudian lonceng itu menjadi lambang revolusi Amerika Serikat.

Setahun kemudian Bangsa Inggris menduduki Philadelphia, para pejuang berhasil menyelamatkan lonceng disembunyikan di ruang bawah tanah sebuah gereja di Allentown, Philadelphia. Sampai akhirnya orang-orang Amerika berhasil merebut kembali Philadelphia.

Pada tahun 1783 lonceng tersebut kembali berdentang untuk mengumumkan bahwa Amerika berhaslil meraih kembali kemerdekaannya. Sejak saat itu suara lonceng menggema menjadi penanda peristiwa-peristiwa penting.

Tahun 1835 lonceng tersebut retak, setelah itu lonceng dibiarkan begitu saja. Baru kemudian pada tahun 1845-1946 lonceng diperbaiki. Namun sayangnya tidak ada yang bisa memperbaikinya, sampai akhirnya lonceng tersebut diturunkan dari tempatnya yaitu di menara lonceng di gedung kemerdekaan dan ditempatkan di berbagai ruang di Independent Hall.

Lonceng tersebut bukan hanya sekedar benda namun memiliki nilai yang sangat bersejarah. Kata-kata injil yang terdapat di bagian atasnya berbunyi: “ Memaklumkan kemerdekaan bagi semua dataran berikut semua penduduknya …”

Pada tahun 1976 Ratu Elizabeth II datang mengunjungi Philadelphia dan memberikan hadiah kepada rakyat Amerika replika lonceng kemerdekaan. yang dibuat sama persis seperti aslinya. Sekarang lonceng replika tersebut digantung di menara lonceng modern tepatnya di jalan ke-3 dekat dengan gedung kemerdekaan. Demikian ulasan singkat mengenai lonceng kemerdekaan Amerika, semoga dapat menambah informasi.


No comments:

Post a Comment