Thursday 5 March 2015

Seputar Olahraga Lari dan Jalan Kaki

seputar olahraga lari dan jalan kaki
Gambar: olahraga lari dan jalan kaki
Seputar olahraga lari dan jalan kaki –Sudah tidak diragukan lagi dan bukan rahasia umum bahwa dengan olahraga tubuh menjadi lebih bugar dan sehat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal olahraga harus dilakukan dengan tepat, baik pemilihan waktu, tempat, peralatan, gerakannya dsb.






Olahraga memang salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran yang murah meriah. Namun sangat disayangkan masih banyak orang yang malas melakukan olahraga alasannya karena tidak memiliki waktu, terlalu capek dan masih banyak alasan lain.  

Padahal aktivitas olahraga tidak selalu harus di lapangan atau gor olahraga, jika Anda memiliki mobilitas yang tinggi, bisa memilih jenis olahraga yang santai seperti: lari pagi, jalan santai, naik sepedah, loncat tali dsb.

Olahraga banyak jenisnya, dengan memilih jenis olahraga yang akan dilakukan kita bisa memilih waktu, tempatnya dan mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan. Dalam artikel ini kita akan mengulas mengenai seputar olahraga lari dan jalan kaki.

Pilih Waktu dan Tempat yang tepat

Olahraga yang paling sederhana misalnya lari atau jalan kaki. Olahraga lari atau jalan-jalan kecil bisa dilakukan di halaman, jalanan yang tenang, lapangan atau tempat terbuka lainnya yang udaranya masih bersih dan bebas dari polusi. 

Waktu yang tepat untuk lari dan jalan-jalan kecil adalah saat pagi hari atau sore hari. Namun waktu yang paling tepat dilakukan pada pagi hari, karena udaranya masih bersih belum terkontiminasi oleh polusi dari asap kendaraan. Olahraga di pagi hari lebih efektif terutama bagi yang sedang melakukan program diet karena proses dan pembakaran lemak bisa lebih cepat. 

Perlengkapan 

Saat olahraga lari atau jalan kaki, harus menggunakan alas kaki yang nyaman. Gunakan sepatu khusus untuk olahraga. Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Siapkan handuk untuk menyeka keringat. 

Tips Sebelum dan Sesudah Melakukan Olahraga Lari dan Jalan Kaki

Sebelum olahraga jangan dulu makan, sama halnya dengan sesudah olahraga. Jika lapar, tunggu selama satu jam. Untuk mencegah dehidrasi sebelum, saat, dan sesudah olahraga cukup minum air putih saja. Jangan minum minuman seperti: kopi, coklat, the, dsb sebab jenis minuman tersebut malah bisa menyebabkan tubuh kehilangan cairan. 

Bagi para pembaca yang belum terbiasa melakukan olahraga bisa melakukannya bertahap. Misalnya mulai melakukan olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah, contohnya: senam lantai, loncat-loncat dsb. Kemudian baru mulai meningkat. Olahraga sebaiknya dilakukan secara teratur dan terukur oleh tubuh, artinya jenis olahraga yang dipilih harus disesuaikan dengan kondisi tubuh. Lamanya olahraga minimal 30 menit satu hari.
Demikian pembahasan mengenai olahraga lari dan jalan kaki. Memiliki tubuh yang sehat merupakan keinginan seluruh umat manusia karena dengan tubuh yang sehat kita dapat menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa ada keluhan dan hidup menjadi lebih menyenangkan. Salam olahraga  

No comments:

Post a Comment