Wednesday 4 March 2015

Solusi Untuk Mengatasi Sakit Pada Leher Saat Bangun Tidur

sakit pada leher saat bangun tidur
ilustrasi sakit pada leher
Sakit pada leher saat bangun tidur, nyut-nyutan dan sakit banget saat nengok ke kiri dan kekanan? Biasanya orang mengaitkan sakit leher saat bangun tidur dengan “salah bantal”, Apakah benar demikian? Simak ulasannya dalam intip berikut ini.

Ada benarnya orang mengaitkan sakit leher saat bangun tidur dengan salah bantal karena posisi bantal yang tidak pas bisa menyebabkan ketegangan pada bagian otot leher.

Namun ada juga yang disebabkan karena posisi tidur yang salah dan tidak ada hubungannya dengan posisi bantal. Karena posisi badan yang salah itulah yang menyebabkan leher menjadi tertekuk dalam waktu yang lama.

Jangan Biarkan Sakit Pada Leher Mengganggumu
 
Kebanyakan orang yang sakit leher saat bangun tidur membiarkannya, karena dapat sembuh dengan sendirinya, namun rasa sakitnya sangat mengganggu dan bisa menghambat aktivitas Anda. Jadi sebaiknya jangan dibiarkan terlalu lama.

Untuk mengurangi rasa sakit pada leher, berikut solusi yang bisa Anda coba:

1. Kompres Dengan Air Dingin dan Air Hangat.

Siapkan handuk, kemudian isi dengan es batu atau bisa dengan membasahi handuk dengan air kulkas. Kompreskan handuk ke bagian yang sakit. Kompresan dingin dapat mengurasi rasa sakit dan menghambat terbentuknya asam laktat.

Setelah selesai mengompres dengan air dingin lanjutkan dengan kompresan air hangat. Air hangat dapat membantu meredakan ketegangan otot sehingga otot menjadi rileks kembali.

2. Pijatan Ringan

Pijatan yang tepat bisa membantu melancarkan aliran darah, namun sebaiknya lakukan oleh orang yang ahli. Jika salah bisa vatal akibatnya. Saat pemijatan bisa menggunakan minyak zaitun, baby oil atau minyak kelapa.

3. Streching
Streching atau peregangan dapat membantu mengembalikan kelenturan otot bagian leher yang sakit. Lakukan gerakan sebagai berikut:

  • Gerakkan kepala ke atas dan kebawah. (dagu ke atas tertuju ke arah langit-langit lalu dagu di kebawahkan kea rah dinding dada) lakukan berulang-ulang.
  • Pada saat  posisi kepala menunduk, gerakkan kepala ke sisi samping kanan lalu kiri. Gerakan ini membantu meregangkan otot bagian belakang leher.
  • Untuk meregangkan otot bagian depan:  tengadahkan kepala dan gerakan kearah samping kanan dan kiri
  • Putar kepala ke kiri sebanyak 8 x lalu putar kearah sebaliknya (ke kiri) sebanyak 8x.
Lakukan gerakan dengan benar dan pelan-pelan.

Cara Mencegah Sakit Pada Leher

Agar tidak terulang kembali sakit leher pada saat bangun tidur, langkah terbaik adalah mencegahnya caranya cukup mudah: biasakan tidur dengan posisi yang benar yaitu posisi tubuh miring.

Posisi tubuh miring dapat menjaga tulang punggung, leher dan bagian kepala tetap berada di garis lurus. Gunakan bantal yang empuk, posisi bantal yang baik tidak terlalu tinggi juga tidak terlalu rendah.

Agar bantal hangat dan lembut, biasakan jemur bantal saat pagi hari minimal seminggu 1x.

Namun, jika rasa nyeri pada leher tidak kunjung sembuh, sebaiknya periksa langsung ke dokter karena yang ditakutkan rasa sakit tersebut disebabkan karena kelainan pada tulang, akibat trauma atau tumor. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga cepat sembuh.

No comments:

Post a Comment