Monday 16 March 2015

Tata Ruang Rumah Sederhana Agar Terlihat Lebih Luas

tips tata ruang rumah sederhana agar terlihat lebih luas
Gambar: ruangan rumah terlihat lebih lua
Tata ruang rumah sederhana bisa mempengaruhi suasana dan tampilan rumah menjadi lebih elegant. Rumah merupakan tempat yang sangat penting, selain sebagai tempat berlindung, rumah menjadi tempat berkumpul bersama keluarga, rumah menjadi tempat pelepas lelah terutama bagi pembaca yang setiap hari bekerja di luar rumah.

Memiliki rumah besar merupakan dambaan setiap orang, namun makin sulitnya lahan perumahan dan semakin mahalnya harga rumah saat ini model rumah minimalis, rumah sederhana menjadi incaran banyak orang.

Rumah sederhana bisa nampak atau terlihat lebih luas bahkan bisa menjadi cantik, menarik dan elegant. Hal tersebut bisa terwujud apabila ditata dengan pas dan tepat. Anda tinggal menentukan tema ruangan, dan memilih benda-benda yang sesuai dengan tema. Berikut adalah tips yang harus diperhatikan untuk memulai dekorasi rumah sederhana. Simak dalam intip berikut ini.

Tips Menata Halaman Rumah Sederhana

Jika rumah memiliki halaman yang lua bisa dengan leluasa untuk mendekorasinya. Anda bisa mencoba dengan nuansa alam, sehingga rumah menjadi lebih adem, asli. Caranya cukup mudah dan tidak mahal, bisa dengan menaman pohon, menyimpan pot di teras ataupun digantung.

Dengan menanam pohon di halaman, rumah akan terlihat lebih asri dan secara langsung Anda mendukung pelestarian dan menjaga kelestarian lingkungan. Namun jika rumah tidak memiliki halaman namun ada garasi, bisa memanfaatkan pinggiran garasi menyimpan pot yang sudah ditanami tanaman hias dsb. Anda bisa juga memanfaatkan dinding dengan membuat konsep taman dinding.

Tips Memilih Furniture

Karena ruangan terbatas maka untuk pemiliham furniture seperti kursi, lemari pilih model yang tidak memakan banyak tempat. Simpan perkakas yang memang sekiranya diperlukan. Anda bisa memanfaatkan model kursi kayu yang juga berfungsi sebagai kotak penyimpanan barang.

Warna dinding sangat mempengaruhi besar kecil ruangan dan suasana rumah. Dinding bisa diwarnai dengan warna-warna kalem misalnya; hijau toska, coklat, putih. Warna yang tidak terlalu terang.

Tips Pencahayaan

Pencahayaan atau lampu sangat penting untuk memberikan kesan bersih dan luas ruangan. Untuk ruang tamu, ruang keluarga beri cahaya lampu yang putih terang. Sedangkan untuk kamar mandi dan dapur Anda bisa menggunakan lampu yang tidak begitu besar watt-nya, namun dengan catatan tetap dengan cahaya yang putih (tidak kuning).

Pada malam hari kegunaan lampu bisa membuat ruangan menjadi terang dan hangat, sedangkan saat siang hari cahaya bisa dari sinar matahari yang masuk melalui jendela. Pencahayaan dari jendela juga memegang peranan penting. 

Selain sebagai pencahayaan, jendela dapat mengatur sirkulasi keluar masuknya udara, sehingga ruangan di dalam rumah tidak menjadi pengap dan baik untuk kesehatan penghuninya. Demikian pembahasan singkat mengenai tata ruang rumah sederhana, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment