Monday 9 March 2015

Tips Menjaga Warna Pakaian Tetap Cerah dan Harum Lebih Lama

tips menjaga warna pakaian tetap cerah
Gambar : cara merawat pakaian
Warna pakaian tetap cerah dan harum sangat mempengaruhi penampilan Anda menjadi terlihat rapih dan bersih. Berbusana yang rapih dan bersih tergantung pula pada warna pakaian yang digunakan.

Seringkali warna pakaian berubah menjadi kusam. Perubahan warna pakaian bukan hanya karena faktor waktu, kualitas saja, namun bisa disebabkan karena kesalahan saat proses mencuci. 

Berikut informasi mengenai cara mencuci yang benar agar warna pakaian tetap cemerlang.

Warna Pakaian Tetap Cemerlang

Cara Anda mencuci pakaian mempengaruhi awet tidaknya bahan, warna. Jika salah mencuci bisa menyebabkan kain robek, warna menjadi kusam. Cara yang tepat untuk mencuci pakaian adalah sebagai berikut:

  • Pilih ditergen yang tepat, yaitu detergen khusus untuk pakaian yang berwarna. Jika baju tidak terlalu kotor hanya terkena keringat bisa hanya dengan menguceknya saja, tidak perlu menggunakan mesin cuci.
  • Setelah pakaian dikucek, bilas hingga bersih. Jangan peras pakaian terlalu kuat, hal tersebut malah bisa menyebabkan pakaian menjadi cepat rusak.
  • Selain ditergen, Anda bisa juga menggunakan shampoo khususnya untuk pakaian, jaket, celana, atau baju berbahan kulit. Caranya: tuangkan shampoo kemudian tambahkan air secukupnya pada pakaian yang akan dicuci, kemudian kocok hingga berbusa.
  • Kemudian rendam pakaian selama kurang lebih 30 menit. Merendam pakaian bisa membantu mengeluarkan busa dan kotoran yang bisa menyebabkan pakaian jadi bau. Setelah selesai direndam bilas hingga bersih.

Pakaian Tetap Harum

Jika Anda memiliki pakaian dengan warna yang cemerlang, rasanya percuma saja jika baunya tidak sedap, apek. Agar pakaian harum, ikuti pula step-step berikut ini:

  • Setelah Anda mencuci dengan cara yang sudah disebutkan, saat pakaian sudah dibilas hingga bersih, siapkan ember yang sudah diisi air untuk merendam pakaian yang sudah diberi pewangi khusus pakaian.
  • Rendam pakaian kurang lebih sekitar 15 – 20 menit. Setelah selesai angkat dan peras (jangan terlalu kuat memerasnya).
  • Jemur di tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari atau di tempat yang teduh. Setelah pakaian kering setrika lalu lipat. Pakaian tang dilipat bisa membuat wangi menjadi lebih tahan lama dibandingkan dengan pakaian yang digantung.

Tips dan cara tersebut bisa Anda coba agar warna pakaian tetap cemerlang dan harum lebih lama sepanjang hari. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment