Sunday 22 March 2015

Tips Merawat Tas Agar Lebih Awet dan Terjaga Kualitasnya

tips merawat tas agar lebih awet

Apalah artinya memiliki tas mahal jika ternyata ada beberapa bagian yang rusak, padahal pemakaiannya bisa dihitung dengan jari. Sangat disayangkan jika demikian terjadi, agar terhindar dari hal tersebut ikuti tips intip berikut ini

Jika Anda salah satu pecinta tas, atau memiliki tas yang sangat disayangi, sudah seharusnya mengetahui bagaimana cara merawat tas yang benar. 

Dengan melakukan perawatan, tas menjadi awet dan tetap terjaga kualitasnya. Caranya tidak begitu sulit dan tidak membutuhkan biaya, yang Anda perlukan hanya meluangkan waktu dan lebih teliti. 

Dasar Perawatan Tas

Cara merawat tas yang paling dasar adalah menggunakan tempat penyimpanan khusus, terutama untuk tas-tas yang jarang digunakan. dengan memiliki tempat penyimpanan dapat menghindari tas terkena debu, kotor, sobek dsb. Tempat untuk penyimpanan bisa di dalam lemari atau kardus. Untuk menghindari tas terkena jamur, bisa menyimpan kamper baik di dalam tasnya maupun di tempat penyimpanan.

Perawatan tas tergantung pada jenis bahannya. Baik penyimpanannya maupun cara mencuci dan mengeringkannya. Sebaiknya tas disimpan berdasarkan bahannya. Contohnya jika bahan tas berupa kulit harus dipisahkan dengan tas yang berbahan plastik

Perawatan Khusus Tas Kulit

Perawatan tas kulit, rajutan hand mande diperlukan perawatan khusus. Berikut adalah cara perawatan tas berbahan kulit: 
  • Jika tas berbahan kulit hindari terkena sinar matahari langsung karena bisa menyebabkan tas menjadi pecah-pecah.
  • Cara mencuci tas berbahan kulit ada caranya, sebaiknya jangan dicuci seperti mencuci baju atau tas berbahan kain. Tas berbahan kulit sebaiknya di lap dengan kain yang lembut dan kering, jika akan dicuci jangan gunakan ditergen tapi gunakan shampoo. 
  • Tas kulit sangat mudah terkena jamur, ciri-cirinya akan muncul bercak putih. Jika demikian, jangan dulu panic karena bercak tersebut bisa hilang dengan cara melapnya dengan kain lembut yang sudah di basahi oleh krim pembersih, kemudian lap dengan kain yang kering.
Perawatan Khusus Tas Rajutan

Tas rajutan terdiri dari benang-benang yang saling kait mengait, jika ada satu benang yang lepas bisa menyebabkan benang disisi lainnya ikut terurai. Oleh sebab itu tas rajutan baik yang berbahan wool, benang katun dsb perlu mendapatkan perawatan yang berbeda dengan tas berbahan kain atau kulit. caranya adalah.
  • Jangan mencuci tas dengan cara menyikat terlalu keras
  • Jangan gunakan mesin cuci, karena bisa menyebabkan tas menjadi mengkerut
  • Saat di jemur jangan langsung dibawah sinar matahari. 
  • Jangan sembarangan menarik atau menggunting benang yang terurai
Tas dan Resleting

Resleting tas berfungsi untuk mencegah barang berhamburan dan lebih aman. Hal yang paling menyebalkan adalah saat resleting macet atau dool. Untuk mengatasi masalah tersebut bisa menggosokkan lilin di sekitar resleting. Lilin membantu melicinkan sehingga retseleting dapat dengan mudah digunakan. Jika masalahnya dool, sebaiknya Anda ke tukang reparasi tas untuk diganti seleting yang baru.

Demikian cara merawat tas yang bisa Anda aplikasikan. Jadi kualitas sebuah tas masih bisa Anda pertahankan dalam waktu yang lama jika dibarengi dengan perawatan yang tepat.  Semoga artikel ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment