Friday 13 March 2015

Tips Merencanakan Strategi Jualan Online

tips merencanakan strategi jualan online
Gambar: strategi jualan di internet
Kelebihan jualan online salah satunya adalah tidak membutuhkan modal yang besar, namun diperlukan strategi karena saat ini semakin banyak pesaing. Sebagian orang berhasil dan meraup keuntungan namun disisi lain tidak sedikit juga yang gagal dan mengalami kerugian. Ada beberapa sebab mengapa gagal melakukan bisnis di internet, salah satunya adalah kurangnya persiapan dan strategi jualan online. 

Bisnis di internet selain biayanya relatif kecil karena penjual tidak perlu memiliki toko/ sewa tempat. Selain itu segmentasi pasarnya lebih luas dibandingkan dengan membuka toko. Saat akan mempromosikan barang waktunya bisa di atur dan lebih efektif. 

Keuntungan tersebut bisa menjadi peluang menuju keberhasilan, dengan catatan jika kita tidak mengetahui strategi apa yang tepat untuk digunakan jika menggunakan internet sebagai medianya. Berikut adalah perencanaan strategi yang bisa digunakan saat kita akan memulai bisnis menggunakan media internet.

Pilih Barang dan Tentukan Harga

Memilih barang dan harga bisa dilakukan dengan cara observasi, contohnya Anda bisa memilih barang yang sedang trand dan mencari gambaran harga yang ada dipasaran. Atau kita bisa memilih barang yang memang disukai, misalnya Anda suka dengan fashion, bisa mencoba jualan pakaian, sepatu, tas dsb. 

Setelah memutuskan jenis barang tentukan segmennya, misalnya toko pakaian khusus anak-anak (laki-laki dan perempuan), tas rangsel, tas wanita atau lain sebagainya. Setelah menentukan jenis barang apa yang akan dijual, yakinkan diri bahwa dagangan tersebut akan laku dan laris dipasaran. Sesudah menentukan jenis barang yang akan dijual, lalu tentukan harga yang tepat.
 
Buat Blog atau Web

Walaupun bisnis dengan menggunakan media internet, kita perlu membuat web atau blog. Blog atau webside bisa diibaratkan tokonya, kita bisa memajang barang-barang dagangan dan memberikan informasi jika ada barang yang di diskon dsb.

Untuk memudahkan pengunjung blog mengetahui barang apa saja yang dijual, buatllah label atau kategori barang-barang. Label sangat diperlukan karena akhirnya pengunjung atau calon pembeli lebih mudah memilih dan melihat-lihat barang yang mereka butuhkan, inginkan.

Selain memajang foto-foto barang, kita juga bisa membuat  tulisan atau resensi mengenai prodak yang ditawarkan, agar pengunjung lebih mengetahui manfaat atau keuntungan, kelebihan prodak. 

Membuat review prodak harus menggunakan bahasa yang disesuaikan dengan segmen pasar, misalnya jika barang-barang yang dijual adalah kaos-kaos distro, bahasa yang digunakan bisa menggunakan bahasa yang lebih akrab, tidak terlalu harus formal.

Manfaatkan Jejaring Media Sosial 

Setelah membuat blog, kita bisa mempublikasikannya ke media sosial. Caranya bisa memposting di dinding fb/ twiter / instragram. Jika memiliki akun media sosial, bisa juga mempromosikan barang dengan memanfaatkan fasilitas layanan yang disediakan, misalnya membuat fanspage dengan merk atau nama toko.

Siapkan Testimoni dan Bukti Pengiriman

Jualan online di internet membawa kemudahan namun dalam artian bukan berarti tanpa resiko. Masih banyak orang yang tidak percaya belanja online, hal tersebut disebabkan karena antara penjual dan pembeli tidak bertatap langsung dan barang yang ditawarkan dalam bentuk foto. Selain itu masih ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab melakukan penipuan. 

Untuk menjaga kepercayaan dan kenyamanan calon pembeli bisa dengan cara memposting testimoni dari para pembeli dan memperlihatkan beberapa tanda bukti pengiriman barang. Membahas tentang bisnis, bukan sekedar bagaimana mendapatkan untung lebih tapi juga bagaimana mendapatkan konsumen tetap. Oleh karenanya kepuasan dan kepercayaan pelanggan menjadi salah satu factor penting dalam membuat strategi jualan di internet.

No comments:

Post a Comment