Tuesday 10 March 2015

Tips Persiapan Jamuan Akad Nikah di Rumah

tips persiapan jamuan akad nikah di rumah
Gambar: Menu Makanan Acara Akad Nikah di Rumah
Persiapan jamuan akad nikah di rumah - Akad nikah adalah acara yang sakral dan khidmat karena merupakan syarat sebuah perkawinan. Oleh sebab itu acara akad nikah harus dipersiapkan dengan matang agar proses acara berjalan dengan lancar. Salah satunya adalah persiapan jamuan makan untuk para tamu. Apa yang harus dilakukan agar jamuan dapat berjalan lancar? Simak dalam intip berikut ini.

Biasanya akad nikah dilakukan pagi hari  sekitar jam 08.00 – 11.00 WIB, jika sore biasanya saat pukul 15.00 – 17.00 WIB. Selain syarat-syarat dan kebutuhan akad yang harus dipikirkan,  jamuan juga merupakan salah satu bagian yang harus dipikirkan. Jamuan merupakan salah satu bentuk penghormatan bagi tamu yang datang. Berikut adalah tips  jamuan acara agar berkesan baik dan tepat dari segi jenis makanan dan penataannya:

Jumlah Tamu

Dengan mengetahui jumlah tamu yang akan datang maka kita bisa mengetahui berapa jumlah peralatan makan yang dibutuhkan. Apabila peralatan makan dirumah tidak mencukupi bisa menyewanya di penyewaan khusus pesta. Usahakan agar piring, sendok, gelas seragam dan rapi dari mulai bentuk dan warnanya.

Pilih Koordinator/ Penanggung Jawab

Dengan adanya penanggung jawab maka segala sesuatu yang dibutuhkan dapat tersususn dengan baik. Jika tidak ada alhasil pasti makanan, penyajiannya akan terbengkalai dan jika terlalu banyak orang yang bertanggung jawab bisa memunculkan banyak ide/ Jadi sebaiknya pilih satu penanggung jawab. Penanggung jawab memiliki bawahan yang masing-masing memiliki tugas, misalnya bagian kebersihan, bagian yang membantu tamu di meja hidangan dsb.


Dekorasi meja bukan hanya membuat meja menjadi indah, namun mempengaruhi keseluruhan tata ruang. Penataan meja bisa disesuaikan dengan warna yang diambil saat akad. Berikut beberapa tawaran dalam dekorasi meja jamuan makan.


  • Hias meja dengan bunga yang berwarna, pilih bunga dengan bau yang tidak menyengat. Berikut bunga yang bisa dijadikan dekorasi : anggrek, mawar, krisan, gerbela. Meletakkan bunga jangan terlalu dekat dengan hidangan, caranya bisa ditengah-tengah meja.
  • Jika hendak menambahkan daun-daun sebagai dekorasi, pilih daun yang tidak mudah rontok.
  • Tambahkan lilin, selain sebagai dekorasi, lilin bisa digunakan untuk mengusir lalat dan nyamuk, pilih lilin yang mengandung minyak citronella.
  • Taplak: pilih taplak yang warnanya senada dengan tema, warna bunga agar terlihat lebih harmonis dan mendukung suasana. Sebaiknya jangan pilih yang banyak motif

Makanan dan Minuman

Untuk jamuan acara akad nikah bisa menghidangkan menu makanan yang tidak terlalu berat dan tidak bermacam-macam. Pilihan jenis makanan bisa sebangsa soto, spageti, camilan (jajanan) pasar seperti surabi, kue cubit, kue lapis, risoles dsb. Untuk makanan penutup bisa memilih pudding atau cocktail buah.

Simpan minuman ditempat yang  mudah diambil oleh tamu, sebaiknya cangkir/ gelas sudah dituangkan minuman. Siapkan juga dispenser untuk air putih atau minuman gelas kemasan. Pilihan minuman bisa soft drink, sirup, kopi, teh.

Jaga Kebersihan.

Sediakan meja atau keranjang untuk menyimpan piring, gelas kotor. Jangan terlalu dekat dewngan makanan karena dapat mengganggu pemandangan dan mengundang lalat datang/ Jangan biarkan piring menumpuk.

Demikian tips persiapan jamuan akad nikah di rumah. Jika semua kebutuhan sudah disiapkan dengan matang, alhasil acara akad nikah dapat berjalan dengan lancar.

No comments:

Post a Comment