Tuesday 10 March 2015

Waspada Penyakit Demam Berdarah: Penyebab dan Pencegahan DBD

penyebab penyakit demam berdarah
Gambar: nyamuk penyebab demam berdarah

Penyakit demam berdarah adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh nyamuk dan sangat berbahaya, jangan sampai Anda atau salah satu keluarga terkena gigitannya. Cara yang tepat agar terhindar dari penyakit DBD adalah dengan melakukan pencegahan. Simak pembahasannya dalam intip berikut ini.

Pencegahan terhadap demam berdarah merupakan salah satu program pemerintahan yang sampai saat ini terus digalakan dan dipublikasikan, hal tersebut dikarenakan semakin meningkatnya penderita demam berdarah. Untuk mengetahui cara mencegah terkena penyakit ini, sebaiknya kita mengetahui apa yang menjadi penyebabnya.
Penyebab Demam Berdarah

Demam berdarah yang dikenal juga dengan singkatannya DBD disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti atau Aedes Albopictus yaitu nyamuk yang berkelamin betina. Ciri-ciri nyamuk Aedes betina adalah kakinya berwarna belang-belang putih. Nyamuk ini biasanya menggigit manusia pada waktu siang hari.

Biasanya wabah demam berdarah terjadi saat pergantian musim dari musim hujan ke musim kemarau begitupun sebaliknya dari musim kemarau ke musim hujan. Tempat bersarangnya adalah di tempat-tempat yang kotor dan tempat atau wadah yang tergenang air.

Pencegahan

Setelah mengetahui penyebab demam berdarah, kita dapat mengetahui bagaimana cara pencegahan yang tepat. Cara mencegahnya bisa dimulai dari rumah kita sendiri dan lingkungan sekitar.

  • Nyamuk Aedes Aeypti bertelur di wadah-wadah yang tergenang air misalnya di pot, ember, kaleng-kaleng yang tidak terpakai, bak mandi. Cara mencegahnya buang wadah yang tidak terpakai yang memungkinkan terdapat air didalamnya, sikat dan kuras bak mandi secara rutin. Tutup tempat penampungan air.
  • Balikkan wadah-wadah yang kosong yang bisa menampung air.
  • Gunakan obat nyamuk jenis apapun atau bisa dengan obat nyamuk oles.
  • Jaga kebersihan lingkungan dan ruangan di dalam rumah, misalnya tutup tempat sampah, jangan biarkan pakaian menumpuk atau digantung karena merupakan tempat sembunyi nyamuk yang paling digemari.
  • Cara alami menjauhkan nyamuk bisa dengan menanam tanaman anti nyamuk. Seperti: bunga lafender, jeruk, geranium, serai. Tanam di dalam pot kemudian simpan di dekat jendela atau pintu.
  • Berdasarkan penelitian memelihara ikan cupang di dalam bak terbukti dapat membunuh jentik-jentik nyamuk.
  • Perhatikan sirkulasi udara di dalam rumah. Nyamuk adalah hewan yang merasa nyaman ditempat yang lembab dan gelap. Dengan membiarkan udara dan sinar matahari masuk bisa mencegah nyamuk datang.
  • Semua lapisan masyarakat bekerja sama dan bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar.

Dengan mengetahui apa yang menjadi penyebab dan cara pencegahan DBD, merupakan cara yang tepat agar Anda dan keluarga terhidar dari gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

No comments:

Post a Comment