Friday 28 August 2015

Menjaga Kulit Sehat dan Tetap Cantik di Usia Tua

perawatan kulit agar tetap cantik


Menjadi tua merupakan takdir yang tidak bisa dihindari. Saat memasuki usia tua terjadi perubahan baik secara fisik dan psikis. Kita mengenalnya dengan menopause. Ada beberapa keluhan yang biasanya akan terjadi salah satunya perubahan pada kulit. 
Kulit yang awalnya kencang mulai nampak berubah. Sebaiknya jangan terlalu gusar menghadapi perubahan perubahan tersebut karena ada beberapa solusi yang bisa dicoba untuk menjaga kulit sehat dan tetap cantik di usia tua/ saat memasuki usia senja.

Penyebab Perubahan Pada Kulit

Perubahan pada kulit yang awalnya nampak kencang, halus kemudian berubah menjadi kering dan mulai kendor disebabkan karena kelenjar minyak yang terdapat pada lapisan bawah kulit berkurang. Perubahan bisa terlihat dari garis-garis wajah (keriput) yang mulai muncul.

Keriput pada wajah tidak bisa dihapus kecuali dengan operasi atau perawatan yang harganya cukup mahal. Namun jangan putus asa, karena keriput masih bisa ditahan agar tidak bertambah banyak. Berikut adalah cara mencegah keriput secara alami yang bisa Anda praktikkan di rumah:
  
  • Bersihkan Wajah Secara Teratur
Membersihkan wajah bisa membuat wajah lebih segar sepanjang hari. Dengan mengangkat kotoran dan debu di kulit wajah otomatis memberikan waktu untuk kulit kita agar beristirahat. Membersihkan wajah sebaiknya minimal 2 kali sehari. Bisa menggunakan krem pembersih yang sesuai dengan jenis kulit. Pilih pembersih wajah (tonic) yang tidak memiliki kandungan alcohol yang tinggi. Saat menganggkat kotoran dengan kapas usapkan ke arah atas dan luar wajah.

Masker Membantu Wajah Tetap Kencang
Oleskan masker minimal 2 minggu 1 kali. Oleskan pada wajah dan leher. Pilih masker yang memiliki kandungan pelembab.

  • Gunakan Kream Malam
Sebelum menggunakan kream malam bersihkan terlebih dahulu wajah. Baca petunjuk penggunaan kream malam pada merk/ prodak yang Anda gunakan. Setiap prodak memiliki cara yang berbeda dalam penggunaannya.

  • Jangan Gunakan Rias Wajah Berlebihan
Menutupi kerutan-kerutan wajah bisa dengan menggunakan make-up. Oleh sebab itu banyak wanita yang membubuhkan riasan kosmetik tebal di wajahnya. Sebaiknya hindari cara tersebut, dengan melakukan perawatan yang sudah disebutkan diatas dapat membantu kerutan tidak begitu terlihat dan tidak bertambah banyak. Menggunakan make-up tebal bisa membuat alas bedak menggumpal. Sebaiknya pilih alas bedak yang senada dengan warna kulit dan gunakan secara tipis merata sampai ke leher. Sebelum menggunakan alas bedak, gunakan terlebih dahulu pelembab.

  • Makan Makanan yang Mengandung Gizi dan Nutrisi
Kesehatan dan kecantikan kulit tidak hanya dipengaruhi oleh faktor dari luar saja. Gaya hidup dan asupan makanan juga merupakan faktor yang penting. Sebaiknya hindari makanan yang pedas dan alcohol. Berat badan yang terlalu gemuk ataupun terlalu kurus bisa membuat tubuh tidak sehat. Lakukan pola hidup sehat dengan asupan makanan dan minuman yang mengandung nutrisi yang cukup, misalnya buah-buahan, sayur-sayuran berwarna hijau dan lakukan olahraga secara rutin. Demikian tips menjaga kulit sehat dan tetap cantik di usia tua. Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment