Sunday 30 August 2015

Tips Membeli dan Mencuci Pakaian Bekas Agar Terlihat Baru dan Steril

tips membeli dan mencuci pakaian bekas

Belanja baju bekas? Siapa takut!!! Walaupun bekas asalkan memilih model sesuai dengan style penggunanya bisa membuat penampilan tetap oke. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips dan trik saat belanja atau membeli dan mencuci pakaian bekas agar saat belanja. Baca selengkapnya di sini.
Terdapat Banyak Model Berdasarkan Jenis dan Bahan

Saat ini perkembangan fashion semakin beragam. Bukan hanya satu model dan jenis pakaian saja. Salah satunya gaya oldies atau dikenal juga dengan istilah retro. Oldies atau retro bisa diartikan semacam fashion yang berhubungan dengan jaman jadoel. Saat ini banyak orang bahkan anak-anak muda yang menyukai fashion jaman dulu dari mulai tahun 1950-an sampai 1990-an. Kesukaannya beragam ada yang menyukai musiknya, film sampai ke style berpenampilan.

Tidak banyak toko-toko yang menjual pakaian jaman dulu, jikapun ada harganya lumayan mahal. Salah satu cara untuk mendapatkan pakaian jadul dengan harga murah adalah dengan cara shoping ke tempat-tempa yang khusus menjual baju bekas. Contohnya di Bandung sudah banyak tempat yang menjual baju-baju bekas, seperti di Tegalega, Gasibu atau di Gede Bage. Tempat baju-baju bekas bukan hanya ada di Bandung saja, saat ini sudah banyak kota-kota besar lainnya yang menjual beragam model dan jenis pakaian bekas.

Tips Berbelanja Pakaian Bekas

tips membeli dan mencuci pakaian bekas

Untuk mendapatkan pakaian yang memiliki kualitas diperlukan kejelian. Namanya juga bekas, jangan sampai Anda salah memilih pakaian yang ada cacat (kerusakan). Berikut tips yang harus dipersiapkan jika hendak shophing belanja baju-baju bekas:
  • Siapkan tas yang berukuran besar atau sedang. Pastikan dompet dan handphone disimpan dalam tas dengan model selempang tali, agar  memudahkan saat mengambil uang. 
  • Gunakan pakaian yang menyerap keringat dan pastikan tubuh dalam kondisi yang sehat dan bugar. Kenapa? Karena memilih pakaian bekas diperlukan waktu yang membutuhkan energy. Jadi pastikan perut sudah diisi dan siapkan air minum. 
  • Saat memilih pakaian bekas perhatikan ukuran, bahan, jahitan dan kancing (jika ada kancing dan asesoris lainnya) pastikan kondisi pakaian masih dalam keadaan layak pakai dan tidak ada noda yang menempel. 
  • Siapkan masker / penutup hidung terutama jika Anda alergi terhadap debu.

Tips Mencuci Pakaian Bekas

tips membeli dan mencuci pakaian bekas

Setelah mendapatkan pakaian jangan langsung pakai. Baju bekas yang tertumpuk dalam waktu yang lama bisa meninggalkan debu, kotoran dan kuman. Ada beberapa cara untuk menghilangkan bau, menghilangkan bakteri, kuman yaitu dengan cara :
  • Rendam pakaian menggunakan air panas. Cek terlebih dahulu warna pakaian, jika ada yang luntur pisahkan. Rendam kurang lebih selama 30 menit.
  • Setelah 30 menit, cuci pakaian menggunakan ditergen. Lalu bilas hingga bersih. Agar hasilnya maksimal saat bilasan terakhir gunakan kembali air panas. Lalu rendam dengan air biasa (dingin) ditambah larutan pengharum pakaian.
  • Jemur pakaian sampai benar-benar kering kemudian gosok (setrika) dengan suhu yang disesuaikan bahannya. Jika pakaian masih bau, bisa semprotkan dengan pewangi sambil disetrika.
Memilih pakaian bekas di tempat/ pasar baju-baju bekas menjadi salah satu kegiatan yang asyik terutama jika menemukan baju sesuai dengan yang diharapkan dengan harga murah. Jangan lupa untuk ikuti tips membeli dan mencuci pakaian bekas seperti yang sudah disebutkan dan kita bahas sebelumnya. Selamat mencoba!.
 

No comments:

Post a Comment