Wednesday 7 October 2015

3 Macam Jenis Hobi Generasi Tahun 90-an Yang Sudah Ditinggalkan

koleksi atau hobi generasi tahun 90-an
Gambar: koleksi/ hobi generasi tahun 90-an
Hobi generasi tahun 90-an – Hobi bisa diartikan suatu kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu senggang. Tujuannya bermacam-macam ada yang untuk menenangkan pikiran, mengisi waktu luang atau sekedar kesenangan. 



Banyak jenis hobi yang disukai / dilakukan oleh beragam macam orang, misalnya hobi mengumpulkan atau mengoleksi suatu benda yang disukai, hobi memperbaiki mesin, bermain, bernyanyi, berkebun dan masih banyak jenis hobi lainnya di dunia ini.

Seiring dengan perkembangan zaman, berbagai macam perubahan terjadi. Termasuk dunia hobi mengalami pergeseran. Perubahan tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya adalah akibat perkembangan teknologi yang semakin modern. Kita ambil contoh salah satu hobi baru dengan munculnya kamera dan internet yaitu hobi difoto atau dikenal dengan istilah foto selfi. 

Di samping bermunculan jenis hobi baru, adapula hobi yang mulai dilupakan. Bagi yang merasakan masa kecil/ remaja di tahun 90-an tentu familiar dengan hobi berikut ini:

Koleksi Perangko / Filateli


hobi generasi tahun 90-an koleksi perangko
Gambar: hobi koleksi perangko
Hobi koleksi perangko ini sudah ada sejak jaman dulu, biasanya perangko disimpan di album khusus. Perangko adalah alat yang digunakan untuk mengirim surat. Namun sejak muncul handphone dan surat menyurat menggunakan media internet (email) kegiatan surat menyurat menjadi sesuatu yang jarang dilakukan orang saat ini. Hal tersebut berimbas pada hobi unik koleksi perangko.


Hobi Menulis Surat Ke Sahabat Pena

hobi generasi tahun 90-an menulis surat sahabat pena
Gambar: hobi menulis surat

Kalau jaman sekarang untuk mendapatkan kawan baru bukan hal yang sulit. Hanya dengan jejaring sosial kita sudah bisa mendapatkan kawan baru bahkan bisa dari daerah atau Negara manapun. Berbeda dengan jaman dimana internet belum dikenal di Indonesia, jikapun ada hanya beberapa orang yang menggunakannya itupun belum ada jejaring sosial. Jaman dulu untuk mendapatkan kawan caranya dengan mencari kawan di kolom majalah. Kegiatan surat menyurat menjadi salah satu hobi anak muda tahun 90-an.



Kumpulkan Hadiah dari Chiki  

hobi generasi tahin 90-an koleksi mainan tazos
Gambar: koleksi tazos
Jaman tahun 90-an anak-anak akan gembira menyambut makanan atau snack yang ada hadiahnya. Dulu ada satu permainan namanya tazos hadiah salah satu snack. Bentuknya bundar dari bahan plastic dihiasi gambar tokoh-tokoh unik. Dibeberapa ujung lingkaran bisa dikaitkan dengan ujung lingkaran pada tazos yang lain.

Dengan koleksinya ini anak-anak bisa merangkai bentuk apapun sesuai imajinasinya. Semakin banyak jumlahnya maka semakin berpeluang membuat berbagai macam bentuk. Selain tazos masih banyak jenis mainan hadiah dari ciki/ snack lainnya yang dijadikan koleksi anak-anak atau menjadi salah satu hobi generasi tahun 90-an. 

No comments:

Post a Comment