Wednesday 4 January 2017

Jangan Biarkan Malas Kuliah Membuat IPK-Mu Anjlok, Ikuti Tips Ini!


malas kuliah
Gambar: Ketika Malas Kuliah
Masalah yang paling banyak dialami dan dirasakan oleh para mahasiswa adalah malas kuliah. Ada banyak alasan mengapa perasaan itu sering hinggap, ada yang karena dosennya yang kurang enak cara mengajarnya, karena terlalu pagi dsb.Terkadang mahasiswa malas kuliah tetap saja datang ke kampus tapi tidak masuk kelas.
Waktu kuliah lebih banyak dihabiskan dengan nongkrong di kantin, ada juga yang menghabiskan waktunya di mall atau di rumah dsb. Tapi saat musim ujian, mereka kebingungan mencari catatan bahan kuliah. Nah, jika Anda salah satu tipe mahasiswa yang seperti itu, ada tips jitu yang meski Anda coba untuk menghilangkan kebiasaan malas kuliah. Langsung saja simak ulasannya berikut ini!

Bangun Tidur Pagi Hari
Tahukah kamu, orang-orang sukses punya kebiasaan bangun pagi. Bahkan jika ia harus pergi ke luar rumah pagi hari, ia akan bangun lebih pagi lagi. Mengapa demikian? Karena dengan bangun pagi, tubuh akan terasa lebih segar dan fresh. Selain itu badan tidak menjadi kaku.

Mandi Dan Gunakan Pakaian Yang Tepat
Mandi sebelum pergi kuliah, itu wajib dilakukan. Selain membuat badan lebih bersih, mandi bisa membuat pikiran lebih segar. Kamu tentu tidak mau bau badanmu tercium oleh teman yang duduk sebangku denganmu. Selain itu perhatikan pakaian yang digunakan, pastikan menggunakan pakaian yang pantas dan nyaman untuk ke kampus. Jangan sampai kamu salah kostum. Penting sekali menjaga penampilanmu di kampus, karena pakaian yang cocok bisa membuat rasa percaya diri bertambah dan semangat belajar di kelas semakin tinggi pula.

Persiapkan Kebutuhan Sebelum Pergi
Sebelum pergi cek terlebih dulu barang-barang yang harus dibawa. Jangan sampai ada yang tertinggal, karena jika persiapan beraktivitas kurang matang bisa membuat kegiatan di kampus menjadi terganggu. Selain itu penting untuk membuat planning hari ini agar tidak ada waktu yang terbuang dengan percuma. Caranya kamu bisa buat catatan berupa daftar kegiatan.

Sarapan Itu Penting
Sarapan menjadi aktivitas yang wajib dilakukan setiap pagi. Dengan sarapan membuat tubuh lebih berenergi dan menghindari kamu lemas. Selain itu jangan lupa minum air putih.

Jangan Begadang
Bangun kesiangan pada waktu kuliah pagi? mungkin diantara pembaca pernah mengalaminya. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya tidur lebih awal dan persiapkan keperluan yang harus dibawa, agar besok paginya kamu tidak terburu-buru.

Belajar Itu Menyenangkan
Banyak alasan mahasiswa malas kuliah karena mengganggap ruang kelas adalah hal yang menyebalkan. Mulai sekarang hilangkan pikiran tersebut. Cari hal-hal dan alasan positif yang membuatmu bisa lebih semangat kuliah. Eitss tapi tidak melulu harus kecengan loh, karena bisa jadi kalau alasannya pasangan atau kecengan jika ada hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya : ternyata kecenganmu sudah punya pacar, dikhawatirkan kamu malah jadi malas kuliah lagi. 

Cari Alasan/ Semangat Positif
Nah, jadi sebaiknya cari alasan-alasan positif, misalnya: membiasakan diri diskusi seru bersama teman-teman. Temanya tidak harus melulu mengenai pelajaran mata kuliah, tapi apapun yang menarik menurut kalian. Selain itu sukai salah satu mata kuliah, dengan demikian kamu akan menyukai mata pelajaran yang lainnya yang berhubungan. 

Ketika kamu masuk dan mempelajari pelajaran atau ilmu pengetahuan yang kamu akan menyukai dan mencari ilmu pengetahuan lainnya. Kuliah itu menyenangkan loh, jadi sayang sekali jika waktumu dibuang untuk hal-hal yang tidak berguna atau karena alasan mahasiswa malas kuliah. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment