Thursday 5 January 2017

Mana Yang Lebih Tepat, Membangun Sendiri Atau Membeli Rumah ??

rumah idaman
Gambar: Rumah Idaman

Memiliki hunian sendiri adalah harapan dan impian semua orang.Untuk mendapatkan rumah idaman bukanlah hal yang mudah, karena harga rumah dari tahun ke tahun semakin mahal. Perlu ada pengorbanan mengumpulkan uang dan bekerja dengan giat. Saat kesempatan datang, tidak sedikit orang bingung antara dua pilihan, yaitu: apakah membangun sendiri atau membeli rumah siap huni?

Nah, bagi pembaca yang sedang mengalami dilema masalah tersebut, tepat sekali membaca artikel ini. Karena di sini kami akan memberikan informasi kelebihan dan kekurangan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan menentukan apakah lebih tepat membangun sendiri atau membeli rumah siap huni.

  • Membangun Rumah Sendiri
membangun rumah sendiri
Gambar: Membangun Rumah Sendiri
Salah satu kelebihan membangun rumah sendiri adalah bisa membuat sendiri desain rumah sesuai dengan keinginan. Berbeda dengan membeli rumah dari development, dimana bentuk dan desainnya sudah ditentukan.

Namun untuk membangun rumah yang harus dijadikan bahan pertimbangan adalah proses pengerjaannya yang membutuhkan waktu, setidaknya minimal prosesnya selesai dalam waktu 14 bulan. Tidak hanya itu, membangun rumah sendiri harus pandai mengatur dan mengelola dan. Jangan sampai dana yang dialokasikan untuk pembangunan rumah ditengan jalan habis. Untuk itu pandai-pandailah memilih bahan bangunan yang luas dan berkualitas. 

Jika Anda sudah memiliki rencana bangun rumah bisa menabung bahan bangunan, karena sama halnya dengan harga rumah dan tanah, harga bahan bangunan cenderung meningkat setiap tahunnya. Jika Anda berencana menabung bahan bangunan, pikirkan tempat yang aman untuk menyimpannya agar saat digunakan nanti kondisinya masih terjaga dengan baik.

  • Membeli Rumah Langsung Huni
rumah langsung huni
Gambar: Membeli Rumah Langsung Huni
Kelebihan membeli rumah langsung jadi dari development adalah lebih praktis dan nyaman dibandingkan dengan membangun rumah. Anda tidak perlu repot memikirkan prosedur dan cara membangun rumah. Namun, membeli rumah siap huni juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah desain rumahnya sudah jadi, artinya tidak semuanya sesuai dengan keinginan. Jika ingin sesuai dengan apa yang diinginkan, maka Anda harus mengeluarkan uang khusus untuk memperbaiki dan merenovasi rumah.

Jadi mana yang lebih tepat, membangun sendiri atau membeli rumah siap huni? Keduanya bisa menjadi tepat dan tidak tepat, artinya Anda harus memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

No comments:

Post a Comment