Tuesday 27 March 2018

Quote Mahatma Gandhi, Kemenangan Atau Menjadi Pemenang Tidak Harus Menggunakan Kekerasan

Quote Mahatma Gandhi
Gambar: Mahatma Gandhi

Kata-kata mutiara atau quote Mahatma Gandhi memiliki kekuatan dan memberikan pengaruh perubahan, tidak hanya untuk masyarakat India saja namun bagi umat manusia di seluruh dunia.

Biodata Singkat Mahatma Gandhi

Mohandas Laramchand Gandhi atau dikenal dengan sebutan Mahatma Gandhi adalah tokoh perjuangan kemerdekaan dari India. Beliau lahir pada tanggal 2 Oktober 1869 di India. Beliau terkenal sebagai tokoh yang menyuarakan kemerdekaan tanpa kekerasan atau dengan cara damai.

Gandhi mengenyam pendidikan kuliah di Inggris dan hampir kurang lebih 20 tahun, beliau bekerja sebagai pengacara di Afrika Selatan. Setelah itu, Gandhi memutuskan untuk kembali ke negara kelahirannya, India dan bergabung dengan gerakan menentang penjajahan Inggris.

Gandhi meninggal saat usianya 78 tahun, tepatnya pada tanggal 30 Januari 1948. Gandhi mati dibunuh oleh orang Hindu yang marah dan tidak setuju dengan pendapatnya, Gandhi dianggap terlalu memihak kaum muslim.

Kata-Kata Mutiara Mahatma Gandhi

Pahlawan yang sederhana ini memeluk agama hindu, namun walaupun demikian ia dikenal sebagai pribadi yang terbuka terhadap pemikiran agama lain. Menurut Gandhi, semua manusia yang hidup di muka bumi ini memiliki hak asasi untuk hidup, walaupun terdapat perbedaan, seperti: perbedaan latar belakang hidupnya, agamanya, warna kulitnya, dan perbedaan lainnya.

Hak hidup adalah milik semua manusia di muka bumi, bukan milik suatu negara, bukan milik rasa tau golongan. Berikut ini beberpa kata-kata mutiara atau quote Mahatma Gandhi yang terkenal dan menginspirasi.

“Kekerasan adalah senjata orang yang berjiwa lemah”

“Ciri-ciri orang yang lemah adalah tidak bisa memafkan, sifat memafkan adalah sifat pemberani dan perkasa”.

“jika/ apabila berhadapan dengan musuh, taklukanlah dengan cinta”

Tiga quote Mahatma Gandhi tersebut menyiratkan, bahwa kita manusia sudah seharusnya memiliki hati yang lembut, membawa kedamaian dan senantiasa sabar. Menurut Gandhi cara damai adalah suatu cara yang bisa dipakai lalu dilepas layaknya pakaian, namun cara damai ada di dalam hati setiap manusia. Setiap manusia memiliki itu.

Gandhi dikenal sebagai tokoh yang sederhana dan bijak. Kata-katanya sangat filosofis selalu mengandung makna yang dalam. Prinsip dan keyakinannya ia pegang dengan teguh untuk menunjukkan kepada dunia bahwa kekerasan dan pertumpahan darah tidak akan menghasilkan pemenang/ kemenangan.

Kemenangan atau pemenang akan didapatkan oleh orang yang memiliki prinsip kuat dan menjalankannya dengan sungguh-sungguh serta yakin. Sampai sekarang kata-kata dan pemikiran Mahatma Gandhi menjadi inspirasi dan motivasi banyak orang di dunia.

Demikian ulasan singkat mengenai quote Mahatma Gandhi yang perlu kita resapi dan aplikasikan dalam kehidupan, yaitu “kekerasan bukanlah cara untuk menyelesaikan masalah”. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

No comments:

Post a Comment