Saturday 21 April 2018

Tips Lengkap Menghadapi Ujian Nasional


Ujian Nasional menjadi penentu kelulusan meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Banyak pelajar mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA yang panik, takut dan stress saat akan menghadapi UN. Menghadapi Ujian Nasional sebaiknya dilakukan jauh hari menjelang ujian dilaksanakan.

Ada banyak alasan mengapa sebaiknya kamu mempersiapkan diri jauh sebelumnya, selain melatih mental dan kemampuan mengerjakan soal, juga bisa membuat kamu yakin dan berhasil mengerjakan soal dengan benar.

Tidak sedikit pelajar yang belajar mati-matian sampai tidak tidur hingga pagi.Hal ini malah membuat tubuhmu lelah dan ngantuk, akhirnya mengerjakan soalnya menjadi tidak maksimal. Nah berikut ini kami akan memberikan tips menghadapi UN yang bisa dijadikan rujukan untuk kamu coba aplikasikan. Yuk,  langsung saja simak poin-poin tipsnya sebagai berikut.

Baca Materi Pelajaran

Saat ujian kamu akan menghadapi soal-soal materi yang dipelajari di sekolah. Itu sebabnya penting membaca ulang apa yang sudah kamu pelajari. Kegunaannya adalah menyegarkan kembali ingatan materi pelajaran yang sudah lama dipelajari. Pasti ada materi yang lupa khan? nah sambil membaca, bisa sekaligus menulis membuat rangkumannya. Dengan menulis, bisa membantu untuk menghapal dan memahami materi-materi yang dibaca.

Adaptasi Dengan Komputer

Karena sekarang ini Ujian Nasionalnya berbasic online maka mengisi soal-soal ujiannya menggunakan komputer. Itu sebabnya, kamu harus bisa menguasai dan terbiasa berhadapan dengan komputer. Selain itu ketahui pula pengetahuan dan istilah komputer. Jauh hari sebelum menghadapi ujian, sebaiknya cari informasi mengenai pelaksanaan Ujian Nasional Basic Komputer, bisa dari guru atau kakak kelas yang sudah lulus dan waktu UN di jamannya sudah menggunakan basic komputer.

Siapkan Fisik Dan Mental

Banyak pelajar yang stress saat menghadapi Ujian Nasional. Antara fisik dan mental, keduanya saling mempengaruhi. Jika stress bisa berdampak pada kesehatan fisik, begitupun jika kesehatan fisik menurun bisa dengan mudah mengalami stress. Oleh sebab itu, jagalah kondisi kesehatanmu, bisa lakukan cara sederhana dan yang paling mudah, seperti: rutin berolahraga, mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan dibutuhkan oleh tubuh, tidak begadang sampai larut, jauhi rokok dan minuman beralkohol serta lakukan kegiatan atau hobi yang membuatmu bahagia. Jangan sampai kamu tidak bisa ikut ujian karena gara-gara sakit. Mulailah jaga kesehatan dengan menjalankan pola hidup sehat dari sekarang.

Selain fisik mempersiapkan mental juga tidak kalah penting. Jika mental kamu buruk bisa menyebabkan perasaan panik, tidak percaya diri saat pelaksanaan Ujian Nasional. Cara melatih mental menghadapi Ujian Nasional tidaklah sulit. Jauhkan pikiran-pikiran yang menakutkan seputar Ujian Nasional, melatih diri dengan mengerjakan soal dan biasakan dihadapan komputer. Cara-cara tersebut membantu menghilangkan stress dan rasa takut. Dengan membiasakan diri, pada hari pelaksanaannya kamu akan lebih tenang dan yakin mengerjakannya.

Berlatih Dengan Mengerjakan Soal

Persiapan ini wajib kamu lakukan jauh hari sebelum pelaksanaan ujian. Berlatih mengisi soal-soal latihan Ujian Nasional membantu siap menghadapi beragam soal ujian. Dengan berlatih mengisi soal-soal jadi bisa memprediksi soal apa yang akan muncul. Selain itu, dengan latihan soal bisa memberikan kesempatan menyusun strategi yang tepat dalam mengerjakan soal. Dengan memiliki strategi yang tepat, bisa membantu memaksimalkan waktu mengerjakan soal, sehingga tidak ada waktu yang terbuang. Untuk mendapatkan latihan soal Ujian Nasional, bisa cari di internet, buku atau minta kepada kakak angkatan.

Demikian informasi tips menghadapi Ujian Nasional yang bisa kamu aplikasikan. Semoga lancar dan sukses ya guys!

No comments:

Post a Comment