Thursday 1 November 2018

Stop Share Berita Hoax, Begini Cara Mengetahui Mana Yang Hoax dan Yang Asli!

Stop Hoax
Saat ini semakin mudah mendapatkan dan melakukan pertukaran informasi, terutama di media sosial. Namun hati-hati karena semakin ramai berita abal-abal dan berita palsu atau fake news / hoax yang bermunculan.

Sekarang ini begitu banyak orang menyebarkan berita palsu. Hal tersebut disebabkan karena berbagai faktor, seperti:

1. Suka dengan hal-hal yang mengandung sensasi.
2. Mudahnya berprasangka, karena mudah mempercayai secara sepihak dan cenderung menolak perbedaan persepsi.
3. Suka hal yang instan, kecenderungan ini disebabkan sifat malas mencari informasi yang diterima. Keterbatasan perhatian terhadap informasi inilah yang menyebabkan begitu mudahnya berita hoax menjadi viral.
4. Karena sumber otoritas mendapatkan berita, misalnya dari teman sendiri.

Sebagai pembaca yang cerdas, sudah seharunya mengetahui mana berita yang hoax dan tidak. Jangan sampai Anda menjadi salah satu penyebar hoax karena mudah percaya dengan pemberitaan. Sayangnya belakangan ini peredaran berita hoax semakin mengkawatirkan, tidak sedikit yang membuat suasana panas dan kisruh.

Untuk mengantisipasi dan memfilter segala informasi yang diperoleh, sebaiknya jangan langsung share! berikut ini intipartikel akan berbagi tips yang dihimpun dari berbagai sumber, mengenai bagaimana caranya mengetahui mana berita yang hoax dan yang asli. Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini!

Jangan Asal Share

Biasanya berita hoax itu dibuat tidak asal-asalan, bahasanya begitu provokatif dan bombastis. Ada berbagai kepentingan pembuatnya, misalnya: untuk mendukung pihak tertentu atau menjatuhkan pihak tertentu. Bisa saja berhubungan dengan politik, agama, membuat suasana kisruh, pengalihan isu dan lain sebagainya.

Jangan mudah terprovokasi, lakukan cross check terlebih dulu. Caranya:

· Search” atau lakukan pencarian di mesin Google dengan menuliskan judul yang sama. Cek apakah berita tersebut ditulis dari situs yang terpercaya atau abal-abal.
·   Seringkali berita yang diliput merupakan tulisan ulang dari sumber lain, cek hal ini juga.
·   Jika tidak dalam bentuk link, coba menggunakan kata kunci “sumber berita atau media yang disebutkan” dan “tajuk atau tema beritanya”.

Cek Foto Atau Gambarnya

Cara ini merupakan cara yang ampuh untuk mengetahui apakah berita tersebut hoax atau tidak. Biasanya berita-berita hoax menggunakan foto yang sudah diedit sedemikian rupa agar pembaca mudah terprovokasi. Untuk mengecek apakah fotonya asli atau tidak, caranya:

Masuk ke halaman Google Picture, lalu unggah foto yang ada di berita tersebut menggunakan mesin pencarian. Maka, Google akan menampilkan pencarian gambar yang serupa. Biasanya akan mundul media online yang menampilkan berita yang sama. Nah dengan demikian, Anda bisa mengetahui apakah fotonya asli atau tidak.

Demikian tips, cara mengetahui berita hoax atau tidak. Berhati-hatilah menyebarkan berita. Jangan sampai tujuannya ingin terlihat update malah termakan oleh hoax itu sendiri. Jadi pembaca yang cerdas, dengan tidak menyebarkan berita hoax sama halnya dengan menjaga ketertiban, kenyamanan dan persatuan negara Indonesia dari bahaya hoax.

No comments:

Post a Comment