Saturday 9 February 2019

Waspada!! CIri-Ciri Kosmetik Berbahaya

Gambar: Kosmetik 
Mengetahui ciri-ciri kosmetik berbahaya sangat penting, kita jadi terhindar dari tipu dan mencegah kulit wajah rusak. Semua orang tentu ingin memiliki kulit wajah yang bersih dan berkilau. Tidak sedikit yang melakukan cara-cara ekstrim dan mengeluarkan kocek yang cukup mahal untuk mewujudkan keinginannya.

Saat ini di pasaran muncul berbagai macam jenis perawatan instan seperti: masker, lotion, cream dsb. Semuanya itu membantu, khususnya bagi Anda yang membutuhkan perawatan yang lebih praktis, hewat waktu serta biaya.

Namun sayangnya, banyak pihak yang tidak bertanggung jawab membuat produk kosmetik yang berbahaya mengandung formula yang tentu meninggalkan efek buruk bagi kulit wajah. Sebagai konsumen cerdas sudah seharunya seksama dan lebih pintar memilih produk yang aman.

Berikut ini beberapa ciri kosmetik berbahaya yang perlu Anda ketahui.

  • Tidak Memiliki Izin Dari BPOM
Kosmetik yang aman tentu saja berani mendaftarkan diri ke BPOM. Kosmetik yang sudah terdaftar di kemasannya tercantum kode/ nomor BPOM. Namun sayangnya, para pedagang nakal berani memalsukan nomor untuk mengelabui konsumen. Tapi jangan khawatir, Anda bisa mengetahui izinnya dengan cara memeriksanya di website resmi BPOM.

  • Warnanya Mengkilap
Produk kosmetik asli umumnya memiliki warna yang tidak terlalu terang. Sedangkan yang palsu warnanya lebih terlihat mengkilat seperti terlalu kuning atau terlalu putih. Warna mengkilat tersebut disebabkan karena bahan pewarna yang digunakan menggunakan bahan kimia yang berbahaya.

  • Baunya Terlalu Menyengat
Tanda kosmetik berbahaya berikutnya adalah baunya yang tajam menyengat seperti bau logam berasal dari merkuri. Untuk mengakalinya, ditambahkanlah parfum yang jumlahnya banyak  agar bau logam tersebut tidak tercium.

  • Tekstur Tidak Rata dan Lengket
Anda bisa mengetahui kosmetik yang berbagaya dari teksturnya yang tidak rata. Pada waktu digunakan terasa lengket.

  • Panas dan Perih
Ada beberapa jenis kosmetik yang dibuat khusus untuk jenis kulit tertentu, sehingga diluar jenis kulit tersebut tidak cocok menggunakannya. Jika digunakan kulit terasa perih, mengelupas dan mengeluarkan sensasi panas. Hal tersebut serupa terjadi jika Anda menggunakan kosmetik palsu berbahaya. Sensasinya terasa lebih menyakitkan dibandingkan jika alergi. Bahkan akan menimbukan bekas seperti luka. Bahayanya jika digunakan dalam jangka waktu panjang akan menimbulkan masalah serius, seperti kangker kulit.

  • Kulit Meradang
Tanda lainnya jika kosmetik yang Anda gunakan berbahaya adalah kulit berwarna merah meradang seperti terbakar sinar matahari. Hal ini karena menggunakan bahan kimia berbahaya yang menyebabkan lapisan epidermis mengelupas, kering dan kusam.

  • Terlihat Terlalu Putih
Produk cream asli jika dioleskan akan terlihat putih tapi tetap segar. Berbeda jika palsu, tampilannya terlihat putih pucat. Lama kelamaan kulit terlihat tua, jadi segera hentikan pemakaiannya.

  • Teksturnya Kenyal dan Susah Menyerap
Bahan kimia pada umumnya memiliki sifat konsentrasi yang lebih pekat dan terlihat seperti lem. Pada waktu digunakan susah menyerap. Jika lama tidak digunakan tekturnya akan kental/kenyal.

  • Mengandung Hidroquionon Berlebih
Hidroquinon adalah sejenis obat yang bisa menghambat produksi pigmen yang berfungsi memutihkan dan menghilangkan flek hitam. Sebenarnya obat ini bisa aman digunakan asalkan tidak digunakan secara berlebihan. Jika digunakan lebih dari 2% malah menyebabkan flek hitam muncul.

  • Hasilnya Instan
Segala sesuatu yang memberikan hasil cepat tidak selamanya baik. Contohnya makanan instan atau makanan kemasan yang dikonsumsi terlalu sering bisa memberikan efek berbahaya bagi kesehatan tubuh. Begitupun dengan kosmetik, jika memberikan hasil instan dikhawatirkan menimbulkan bahaya pada kulit.

  • Efek Ketergantungan
Ciri-ciri yang terakhir kosmetik berbahaya adalah efek ketergantungan. Jika tidak menggunakan produk tersebut, kulit menjadi kusam, gatal, menghitam dsb. Hal ini yang membedakan dengan produk kosmetik asli yang tidak memberikan efek apapun walaupun sudah tidak dipakai lagi.

Demikian informasi mengenai tanda atau ciri-ciri kosemetik berbahaya. Semoga bermanfaat!




No comments:

Post a Comment