Tuesday 2 April 2019

3 Jenis Rambut Dan Perawatannya

perawatan sesuai jenis rambut dan ciri-cirinya
Rambut Sehat Indah
Rambut bisa menjadi daya tarik tersendiri, tidak hanya bagi kaum hawa. Tidak sedikit kaum adam yang melakukan perawatan untuk mendapatkan rambut indah, lebat dan bercahaya. Kesehatan rambut merupakan hal penting agar senantiasa sehat dan subur.


Merawat rambut tidak selalu harus ke salon, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Caranya cukup mudah dan sederhana. Namun, sebelum melakukan perawatan ketahui terlebih dahulu jenis rambut Anda. 

Karena jenis rambut menentukan cara perawatannya yang tepat. Dalam artikel ini intipartikel akan membahas 3 jenis rambut, ciri-cirinya beserta cara perawatannya. 

Rambut Kering

Ciri-ciri rambut kering terlihat lebih kusam, mudah patah dan tidak bercahaya. Masalah tersebut biasanya disebabkan karena terlalu berlebihan terkena cahaya sinar matahari langsung, terkena air yang mengandung choir (biasanya air kolam renang), terlalu sering menggunakan hair dryer, cat rambut, obat pelurus atau pengkriting rambut.

Jika Anda memiliki rambut kering sebaiknya keramas seperlunya saja, jangan terlalu sering. Gunakan shampoo yang mengandung banyak pelembab, minyak dan protein. Sesudah keramas gunakan conditioner yang mengandung protein. Usapkan conditioner secara merata mulai dari akar sampai ke ujung rambut. Apabila melakukan creambath sebaiknya seminggu atau 2 minggu sekali.

Rambut Berminyak

Ciri-ciri jenis rambut berminyak adalah lebih mudah cepat kotor. Jika sudah dikeramas dan ditata sulit mengembang. Hanya dalam jangka waktu sehari atau dua hari sesudah keramas, rambut kembali berminyak.

Untuk rambut berminyak sebaiknya tidak sering melakukan perawatan message dan jangan menekan keras-keras kulit kepala. Karena pijatan dapat merangsang produksi kelenjar minyak. Sesudah keramas gunakan conditioner dari mulai pertengahan batang sampai ujung rambut.

Agar tidak berminyak berlebih, caranya bisa melakukan perawatan seminggu sekali dengan cara membersihkan kulit kepala menggunakan air irisan jeruk nipis.

Rambut Normal

Ciri-ciri jenis rambut normal adalah tidak kering ataupun berminyak, namun terlihat mengkilat. Karena lentur maka lebih kuat dan tidak mudah patah. Mencuci rambut ini sebaiknya tidak menggunakan banyak sampho, seperlunya saja, agar sisa-sisa shampoo tidak tertinggal di kulit kepala dan batang rambut yang bisa menyebabkan ketombe dan kulit bersisik. Jenis shampoo yang cocok yang netral.

Gunakan conditioner setelah kermas untuk mencegah rambut patah dan kusam. Conditioner membantu rambut lebih mudah ditata. Jika ingin melakukan perawatan creambath sebaiknya satu bulan sekali.

Cara yang paling tepat mengeringkan rambut normal adalah dengan alami. Jika menggunakan hairdryer sebaiknya keringkan rambut terlebih dahulu menggunakan handuk agar tidak terlalu basah.

Menyisir rambut juga merupakan bagian dari perawatan, karena jalannya minyak dari akar sampai ke ujung rambut menjadi lebih lancar. Selain itu, menyisir dapat membuat aliran pembuluh darah lebih lancar sehingga rambut menjadi lebih sehat dan mudah ditata. Pilihlah sisir yang ujungnya tumpul agar tidak melukai kulit kepala.

No comments:

Post a Comment