Saturday 13 July 2019

6 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Ada banyak sekali manfaat jika Anda dan keluarga mengkonsumsi buah tomat. Selain menjaga kesehatan, tomat juga bermanfaat untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Tomat sangat familiar dan dengan mudah bisa didapatkan dipasarkan. Buah tomat bisa dikonsumsi sebagai bahan untuk membuat masakan, misalnya sambal goreng, acar dsb. Tomat juga bisa dijadikan jus atau dimakan langsung.

Kandungan Gizi Tomat

Kandungan gizi tomat yang sangat besar. Tahukah Anda apa saja kandungan tomat? Berdasarkan penelitian buah tomat mengandung beberapa vitamin dan mineral yaitu:
·         4 gram karbohidrat
·         75 kj Energi
·         1 gram serat
·         0,2 gram lemak
·         2,6 gram gula
·         13 mg vitamin C
·         1 gram protein
·         95 gram air

Manfaat Buah Tomat

Karena kandungan di dalam tomat tersebutlah tomat memberikan banyak manfaat. Berikut ini manfaat buah tomat untuk kesehatan.
  • Mencegah terjadinya gumpalan darah
Penggumpalan darah bisa menyebabkan penyakit seperti stroke dan jantung. Dalam buah tomat terdapat biji dan dibagian luar biji tomat terdapat gel yang berwarna agak kekuningkuningan, inilah yang bisa membantu pencegahan terjadinya penggumpalan darah.
  • Membantu daya tahan tubuh
Buah tomat mengandung antioksidan yang berfungsi menghancurkan radikal bebas seperti: asap rokok, asap kendaraan, polusi udara atau zat lainnya yang berbahaya untuk tubuh. antioksidan juga dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan sel yang bisa menyebabkan penyakit kanker prostat, kangker lambung, kangker rahim dan penyakit tenggorokan.
  • Menjaga kesehatan mata
Kandungan vitamin A dalam buah tomat baik untuk kesehatan mata. Vitamin a dapat membantu kerja mengkonversi molekul yang diterima retina untuk memproyeksikan gambar di otak.
  • Mencegah penyakit wasir dan sembelit
Buah tomat mengandung banyak serat, yang dapat mengatasi gangguan pada pencernaan. Jika pencernaan tidak mengalami masalah dan bekerja dengan baik maka akan terhindar dari penyakit wasir.
  • Membantu menurunkan panas demam
Jika Anda atau ada anggota keluarga yang mengalami panas demam, berilah tomat. Karena buah tomat mengandung zat antiseptic yang dapat menekan suhu badan yang panas.
  • Menambah produksi sperma
Kandungan Iycopene dapat membantu meningkatkan jumlah sperma, caranya dengan mengkonsumsi buah tomat dengan teratur.

Demikian informasi mengenai buah tomat. Apakah Anda sudah merasakan manfaat buah tomat?jangan menunggu, sebaiknya konsumsi tomat sekarang juga. Jangan lupa cuci terlebih dahulu sebelum dimakan, Tomat yang baik untuk dikonsumsi adalah yang direbus atau dibuat jus, selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment