Saturday 20 July 2019

Cara Menaikkan Hemoglobin di Dalam Tubuh


Jika Anda sering merasa kurang bertenaga, cepat lelah, kepala sering pusing, mata berkunang-kunang , jantung berdegup kencang bisa jadi Anda mengalami kekurangan hemoglobin, yang bisa mengakibatkan penurunan energi dan tidak bisa  berkonsentrasi. Agar gejala tersebut tidak terjadi bisa disembuhkan dengan cara menaikkan hemoglobin di dalam tubuh.

Pengertian  dan Gejala Akibat Penurunan Hemoglobin

Hemoglobin adalah zat protein yang mengandung zat besi. Hemoglobin terdapat di dalam sel darah merah, yang berfungsi atau bertugas membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Hemoglobin juga berfungsi sebagai pengusung karbondioksida kembali menuju ke paru-paru yang kemudian dihembuskan kembali ke luar tubuh.

Jika kandungan hemoglobin di dalam tubuh menurun, bisa menyebabkan beberapa gejala yang sudah disebutkan di awal artikel. kekurangan hemoglobin bisa menyebabakan penyakit yang membahayakan yaitu leukemia.

Gajala penyakit akibat hemoglobin yang rendah disebut juga anemia. Ada banyak faktor yang menyebabkan rendahnya hemoglobin di dalam tubuh, diantaranya adalah sebagai berikut: 
  • Kehilangan darah, misalnya akibat kecelakaan, operasi, pendarahan kanker usus dan lain sebagainya.
  • Kekurangan gizi seperti zat besi, folat dan kekurangan vitamin B12
  • Masalah pada sumsum tulang, bisa disebabkan karena pergantian sumsum tulang oleh kanker.
  • Obat kemoterapi
  • Akibat gagal ginjal , dan lain sebagainya.
Untuk perempuan yang sedang hamil, datang bulan (menstrulasi dan anak-anak cenderung lebih rentan terkena anemia, disebabkan karena hemoglobin yang rendah. Salah satu penyebab terjadinya komplikasi pada ibu hamil adalah akibat kekurangan hemoglobin, Permasalah ini dianggap wajar bagi perempuan yang sedang hamil, namun masalah ini bisa juga menyebabkan masalah yang serius dan berakibat fatal.

Penyebab kurangnya hemoglobin pada ibu yang sedang hamil salah satunya adalah akibat  meningkatnya volume pada darah yang mengakibatkan jumlah sel darah merah menjadi berkurang.

Pada anak-anak muda kekurangan hemoglobin bisa terlihat dengan adanya tanda-tanda, yaitu dari perkembangan yang buruk, nafsu makan menurun, dan masalah perilaku. Hemoglobin rendah  juga bagi orang yang sedang mengalami sakit demam berdarah, karena jumlah hemoglobin dalam darah permiliter berkurang dengan cepat, karena disebabkan virus yang menghancurkan hemoglobin.

Cara Mengetahui Ukuran/ kadar Hemoglobin

Untuk mengetahui kadar hemoglobin adalah dengan menggunakan mesin otomatis yang bisa mengukur komponen darah di dalam tubuh. Proses tes darah dilakukan di dalam mesin.

Ukuran hemoglobin adalah dengan menggunakan satuan gram/dl, maksudnya banyaknya gram yang terdapat pda hemoglobin dalam 100 mililiter darah. Ukuran atau kadar normal hemoglobin tergantung pada umur, berikut ukuran normal hemoglobin dari bayi sampai orang tua:
  • Bayi yang baru lahir : 17 – 22 gram/dl
  • Bayi berumur 1 minggu : 15 – 20 gram/dl
  • Bayi berumur 1 bulan : 11 – 15 gram/dl
  • Anak-anak : 14 – 13 gram/dl
  •  Lelaki dewasa : 14 – 18 gram/ dl
  •  Perempuan dewasa : 12 -16 gram/dl
  •  Lelaki tua : 12, 4 – 14,9 gram/dl
  •  Perempuan tua : 11,7 – 13,8 gram/dl
Selain umur, jenis kelamin juga mempengaruhi tingkat hemoglobin.

Cara Menaikkan Hemoglobin

Ada cara menaikkan hemoglobin, dan menjaga sel darah merah agar tetap sehat yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan kadar Hemoglobin, yaitu makanan-makanan yang banyak mengandung zat besi. Dengan itu maka hemoglobin dalam darah bisa tetap stabil dan terjaga kekuatannya. Makanan-makanan tersebut , diantaranya adalah:
  • Buah-buahan
Buah-buahan adalah makanan yang banyak mengandung vitamin dan mineral, jenis buah-buahan yang bisa menaikkan jumlah hemoglobin adalah : buah apel, plum, apel, semangka, kismis, anggur. Buah-buahan tersebut selain bisa menaikkan hemoglobin terbukti juga meningkatkan dan mempelancar aliran darah di tubuh.
  • Sayur-sayuran
Banyak pilihan jenis sayuran yang bisa menaikkan hemoglobin, yaitu: bayam, kacang merah, kacang polong hijau, lobak, kubis, kembang kool, brokoli, sawi, ubi-ubian dan masih banyak jenis sayuran yang mampu membantu menambah hemoglobin bahkan ada beberapa jenis sayur yang bisa menggantikan suplemen penambah darah. dari berbagai macam sayuran Anda bisa mengkonsumsi juga sayuran hijau,di antaranya adalah:
  • Daun rumput kambing
Daun rumput kambing dibeberapa daerah dikenal dengan nama babadotan, daun ini mudah ditemukan, bagi petani daun rumput kering adalah tanaman pengganggu, namun ternyata daun ini memiliki khasiat untuk meningkatkan hemoglobin
  • Daun  jambu
Pohon jambu, ternyata bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat namun daunnya juga mengandung khasiat. Perasan air daun jambu bisa megobati gejala menurunnya hemogloblin dan meningkatkan sel trombosit, untuk penderita demam berdarah.
  • Daun Labu
Berbagai penelitian membuktikan bahwa daun labu dapat meningkatkan hemogloblin dengan cara menstabilkan membrane sel dalam darah. di negara Afrika daun labu dikonsumsi dengan susu dan telur, dan dikonsumsi sebanyak tiga kali satu hari selama tujuh hari berturut-turut.
  • Daun ubi jalar
Penelitian membuktikan bahwa daun ubi jalr mampu meningkatkan kerja dan fungsi organ-organ di dalam tubuh yang berperan dalam pembentukan sel darah merah.
  • Kacang-kacangan
Kacang-kacangan adalah makanan yang mengandung zat besi yang cukup tinggi. Mengkonsumsi kacang juga tidak sulit, bisa dibuat cemilan yang sebelumnya direbus agar kacang lebih empuk. Dari semua jenis kacang yang paling bagus untuk menaikkan hemoglobin adalah kacang almond. Untuk memenuhi kebutuhan zat besi selama satu hari bisa mengkonsumsi kacang sebanyak satu ons, Selain kacang almond, jadikan pula jenis kacang lainnya sebagai cemilan agar jumlah hemoglobin dalam darah meningkat.
  • Daging Merah
Daging merah mengandung zat besi yang mudah dicerna di dalam usus, tapi daging merah juga mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Jika mengkonsumsi daging merah sebaiknya jangan terlalu banyak terutama bagi penderita darah tinggi.
  • Roti sereal dan pasta
Roti gandum mengandung zat besi yang sangat tinggi, juga mengandung serat. Jika Anda akan mengkonsumsi roti, sereal dan pasta sebaiknya terlebih dahulu periksa kemasan, sebaiknya zat besi yang terdapat di roti, sereal atau pasta sebesar 20 persen atau lebih. Sebaiknya dikonsumsi secukupnya (tidak berlebihan) karena jika berlebihan bisa menyebabkan berat badan bertambah.

Cara menaikkan hemoglobin bisa juga dengan mengkonsumsi susu, telur dan madu. Selain mengkonsumsi makanan, cara menaikkan hemoglobin harus dibarengi dengan minum air putih setiap hari, karena air sangat membantu hidrat di dalam tubuh yang bisa meningkatkan hemoglobin dan volume pada darah. Minum air putih sehari min 8 sampai 10 gelas sehari. Sesekali minum kopi tidak jadi masalah, dengan catatan tidak berlebihan. Kopi yang cukup bisa membantu  untuk memacu degub jantung, sehingga tekanan darah bisa meningkat.

Selain itu lakukan olah raga secara teratur dan hindari mengkonsumsi alcohol,  merokok karena dapat mempengaruhi hemoglobin. Kondisi tubuh dan pikiran juga harus dijaga. Jangan sampai tubuh terlalu cape dan jauhkan pikiran dari hal yang bisa membuat Anda stress.




No comments:

Post a Comment