Tuesday 23 July 2019

Cara Olahraga Otak Yang Terbukti Efektif


Kita pernah mendengar istilah olahraga otak, namun masih banyak yang tidak mengetahui manfaat dari olahraga ini dan bagaimana caranya menjaga fungsi otak. Kita sebagai manusia tentu tidak luput dari permasalahan dan persoalan kehidupan. Ada begitu banyak yang harus dikerjakan, dipikirkan dan diingat. Agar fungsi otak dapat bekerja dengan baik, maka perlu melakukan cara olahraga otak yang efektif.

Cara olahraga otak bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, waktunya bisa dilakukan disaat beraktivitas sehari-hari. Contohnya: pada saat Anda sedang bekerja, olahraga otak bisa dilakukan di depan meja kerja Anda. Saat menggunakan komputer biasanya Anda menggunakan mouse menggunakan tangan kanan, cobalah menggunakan tangan kiri untuk melakukan olahraga otak. 

Otak kita memiliki lima fungsi kognitif, yaitu: memori atensi, kemampuan terhadap visual, kemampuan terhadap bahasa dan fungsi eksekutif. Agar kelima fungsi otak tersebut dapat bekerja dengan baik maka cara yang tepat adalah dengan melakukan olahraga khusus otak

Berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan agar kerja otak menjadi lebih efektif:

Bermain Permainan Stategi
Ada banyak permainan yang mengandalkan strategi untuk menjadi pemenang. Beberapa diantaranya seperti: catur atau permainan game yang lebih mengandalkan kemampuan otak kanan. Dengan permainan tersebut dapat merangsang kreativitas dan imajinasi. Anda bisa mengetahui peralatan dan tujuan permainan catur dalam artikel sebelumnya.

Bermain Puzzle
Permainan puzzle, teka teki silang dan sejenisnya dapat melatih kemampuan otak kiri. Dengan permainan tersebut selain mencari jawaban juga dibutuhkan strategi baru yang dapat lebih mengefektifkan kerja otak. Misalnya bermain puzzle dengan cara penempatan kotak-kotak diawali atau dengan cara yang tidak biasa.

Membaca
Banyak manfaat yang bisa diambil dari kegiatan membaca, selain jadi mengetahui dan memahami suatu hal, membaca dapat melenturkan otot-otot yang terdapat pada otak. Menurut penelitian pada tahun 2011 oleh Dr. Nikolas Scarmeas membaca membantu membangun cadangan kognitif dan mencegah timbulnya penyakit amnesia.

Mengaktifkan kerja tangan kiri dan kanan
Umumnya kita menulis, memegang mouse, mengambil benda dsb cenderung menggunakan tanan kanan atau sebaliknya ada juga yang melakukan dengan tangan kiri. Menurut peneliti Franklin Institute melakukan aktivitas dengan menggunakan tangan yang berlawanan dari kebiasaan dapat membuat hubungan saraf menjadi lebih kuat dan membentuk syaraf baru.

Mendengarkan musik
Berdasarkan penelitian mendengarkan musik, khususnya music-musik klasik baik hanya sekedar mendengarkan atau bermain dapat mengaktifkan dua indera sekaligus. Musik juga dapat menyeimbangkan kerja otak kanan dan kiri.

Latihan Fisik
Dengan melakukan olahraga fisik selain tubuh menjadi lebih sehat dan bugar ternyata dapat meningkatkan kesehatan otak, karena aliran darah menuju otak lebih meningkat. Dengan demikian meningkatkan daya konsentrasi, penalaran, memori dan perhatian terhadap fokus lebih tajam. Dalam jangka waktu yang panjang olahraga fisik juga dapat membantu melawan Alzheimer atau penuaan otak.

Belajar Bahasa Asing
Dengan belajar dan menggunakan bahasa asing, dapat mengaktifkan bagian otak yang tidak pernah Anda gunakan sejak pertama kali mulai berbicara. Penggunaan beberapa bahasa dapat lebih meningkatkan masukan darah ke otak sehingga koneksi kerja otak menjadi lebih sehat dan kuat.

Mengubah Rutinitas
Rutinitas kadang membawa rasa penat, jenuh sehingga bisa membuat otak menjadi lebih lelah. Untuk mengatasi masalah tersebut bisa dengan mengubah rutinitas. Menurut penelitian Lawrence Katz dari University Medical Center mengubah cara-cara hidup dapat mengaktifkan koneksi atau kerja otak yang tidak aktif. Cara yang paling sederhana bisa dengan mengubah dekorasi ruangan kerja atau kamar tidur.

Cara olahraga otak yang sudah kita bahas diatas bisa dilakukan setiap hari dengan waktu minimal 15-20 menit atau bisa disesuaikan dengan kemampuan. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment