Monday 22 July 2019

Makanan Yang Cocok Untuk Kucing Kampung


Banyak pendapat mengenai jenis makanan apa yang cocok untuk kucing kampung, terutama dikalangan para pecinta kucing. Ada yang berpendapat bahwa kucing kampung tidak boleh diberi makanan khusus kucing.ras, tapi benarkah demikian? Untuk menghilangkan keragu-raguan dan mendapatkan jawaban pasti, simak pembahasan mengenai makanan kucing kampung berikut ini.

Makanan Kucing Kampung

Kucing memiliki bahasa latin Felis Silvestris Catus merupakan binatang peliharaan yang memiliki kelebihan dan keunikan. Umumnya kita mengenal dua jenis kucing. yang pertama adalah kucing ras, seperti kucing Angora, Persia dsb. Dan yang kedua adalah kucing kampung, yaitu kucing yang berkeliaran di pinggir jalan.

Tidak sedikit orang yang memelihara jenis kucing kampung, walaupun dari jalanan jika dirawat dengan baik akan terlihat lucu, bersih dan sehat. Tahukah Anda, merawat kucing kampung ternyata lebih mudah dibandingkan dengan kucing ras.

Salah satu alasannya adalah karena kucing kampung makanannya apa saja, ia tidak akah pilah-pilah termasuk nasi yang dicampur ikan bisa mereka makan. Bahkan ada kucing yang suka tempe, kerupuk dan gorengan. Pendapat itu mungkin ada benarnya, namun jika Anda memelihara kucing kampung tidak ada salahnya membiasakan memberi makanan yang mengandung unsur hewani, seperti: daging, ikan, ayam, kornet, dsb.

Pada kenyataannya kucing merupakan binatang yang high survival rate, artinya ia mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Itu sebabnya pula dari dulu hingga sekarang habitatnya tidak pernah berkurang, binatang kecil yang menggemaskan ini masih tetap eksis bisa ditemukan di manapun.

Jika Anda memelihara kucing kampung dari kecil, tentu menjadi lebih mudah membiasakan makan makanan yang sesuai. Tapi jika memeliharanya sudah besar, ia tentu bisa dan mau diberi apapun juga, layaknya pada saat ia masih di jalanan.

Tips Memberi Makan Kucing

Nah beriku ini kami akan berbagi tips mengenai makanan yang tepat dan cocok diberikan untuk kucing kampung:
  • Makanan konvesional kucing adalah nasi yang dicampur dengan potongan ikan, daging. Sebaiknya pisahkan tulang ikan karena bisa menyebabkan ia tersedak.
  • Sebaiknya jangan diberi makan ikan asin, karena bisa menyebabkan bulu-bulunya mudah rontok.  
  • Beri makanan yang kering dengan nutrisi yang lengkap. Hindari memberi kucing makanan basah terus menerus

Whiskas, Raw Food atau produk makanan khusus kucing lainnya memang bagus untuk kucing, namun sebelumnya pastikan dulu Apakah kucing Anda menyukainya atau tidak. Sama halnya seperti manusia, kucingpun sebaiknya jangan diberi makan makanan yang mengandung banyak zat pengawet dan pewarna karena bisa menyebabkan gangguan pada ginjal. 

Selain membutuhkan asupan makanan kucingpun membutuhkan vitamin agar sehat. Kucing sehat, bertubuh  gemuk terlihat lebih lucu. Anda bisa memberinya asupan tambahan suplemen atau vitamin. Ada banyak jenis vitamin kucing yang bisa Anda beli berdasarkan kebutuhan.

Ada yang menggunakan scott emulsion, natur E atau jika tidak, Anda bisa membuatnya sendiri yaitu dengan memberi kucing kuning telur. Kuning telur mengandung banyak protein, yang bagus untuk berat badannya. Tapi, ingat! jangan pernah kasih kucing kesayanganmu putih telur mentah, karena bisa menyebabkan kucing malah tambah kurus. Jangan beri kucing kuning telur sering karena bisa menyebabkan obesitas.

Pemberian vitamin bisa seminggu sekali. Cara memberikan vitamin bisa dengan mencampurkan pada Raw Food sesuai dengan takarannya. Dari pembahasan ini kita akhirnya bisa tahu, ternyata kucing kampung bisa dan boleh diberi makanan kucing ras. Tapi balik lagi, semuanya tergantung kebiasaan dan daya tahan tubuh kucing kampung itu sendiri. Demikian pembahasan seputar kucing, semoga artikel ini menambah informasi dan bermanfaat! 


No comments:

Post a Comment