Monday 12 August 2019

Jenis-Jenis Dan Manfaat Olahraga Permainan Tradisional

Olahraga, Permainan Karapan Sapi dari Madura
Olahraga atau Permainan Tradisional Karapan Sapi dari Madura

Ada banyak sekali permainan tradisional di berbagai daerah di Indonesia, ini merupakan merupakan warisan budaya yang harus dijaga, dilestarikan dan dikembangkan. Permainan tradisional memiliki 2 sifat yaitu: bersifat olahraga dan bersifat tradisional.

Indonesia dengan beragam budaya dan kesenian tradisional, memiliki beragam jenis olahraga tradisional yang sampai saat ini masih popular, bahkan beberapa diantaranya terkenal sampai ke luar negeri. Sayangnya ada beberapa jenis permainan tradisional yang generasi sekarang tidak tahu mengetahuinya, Nah dalam artikel ini kami akan berbagi informasi mengenai jenis-jenis permainan atau olahraga tradisional yang bisa dijadikan reverensi untuk Anda cari tahu lebih banyak lagi. 

Pencak Silat
orahraga yang masuk ke dalam kesenian tradisional ini membutuhkan keahlian pada saat melakukan setiap gerakan atau dikenal dengan istilah jurus. Keunikannya, melakukan olahraga ini akan diiringi oleh music tradisional. Gerakan tangan dan tubuh baik yang dilakukan dengan iringi musik ataupun tidak menggambarkan sifat patriotisme dalam mempertahankan diri. Pencak silat masuk ke dalam salah satu cabang olah raga di tingkat nasional dan internasional.

Di tingkat nasional pencak silat diperlombakan selama 4 tahun satu kali di acara Pekan Olahraga Nasional (PON). Sedangkan di tingkat internasional, pencak silat menjadi salah satu cabang yang dilombakan di acara Sea Games, yang sudah berlangsung dari tahun 1987.

Sepak Takraw
Olahraga sepak takraw dari Sulawesi Selatan. Permainan ini dimainkan oleh dua regu (tim). Cara bermainnya mirip seperti olahraga sepak bola. Perbedaanya bola untuk sepak takraw terbuat dari bahan rotan yang dianyam dengan jumlah 9 - 11 anyaman dan terdapat 12 lubang. Lingkaran bola berukuran 41 – 43 cm.

Karapan Sapi
Karapan sapi berasal dari pulau Madura, atau dikenal juga dengan sebutan pacuan sapi. Olahraga tradisional ini menggunakan sepasang sapi yang  berlomba mengadu kecepatan dengan pasangan sapi lainnya. Setiap pasang sapi dikendalikan oleh satu orang yang disebut joki. Jarak pacuan karapan sapi sekitar 100 meter. Waktu adu kecepatannya sekitar 10 detik sampai 1 menit.

Perahu Naga
Perahu naga merupakan jenis olahraga dayung. Olahraga ini membutuhkan peralatan dayung dan perahu. Dibagian depan perahu terdapat hiasan kepala naga, sedangkan bagian belakangnya terdapat hiasan ekor naga.

Tarik Tambang
Tarik tambang adalah olahraga yang dimainkan oleh dua regu  (tim). Olahraga ini dilakukan menggunakan alat tali tambang. Masing-masing regu terdiri dari lima orang atau bisa lebih. Masing-masing regu berusaha untuk menarik tambang dengan sekuat tenaga agar regu lawan melewati garis pembatas. Tarik tambang sampai saat ini masih popular di hampir seluruh wilayah di Indonesia karena sering dimainkan terutama pada perayaan hari kemerdekaan Indonesia (17 Agustus)

Bakiak
Bakiak adalah sendal yang terbuat dari kayu dengan bagian atas dilapisi kulit. Dalam permainan ini bakiak (kayunya panjang),  dimainkan oleh beberapa regu. Setiap regu minimal terdiri dari 3 orang. Setiap regu harus berlomba mencapai garis finish. Regu yang mencapai garis finish pertama adalah pemenangnya. Di beberapa daerah, permainan ini sering dijadikan lomba pada waktu perayaan hari kemerdekaan Indonesia. 

Selain Keenam olahraga tradisional yang sudah dibahas, sebenarnya masih banyak jenis-jenis olahraga tradisional lainnya, namun sayang saat ini ada beberapa yang sudah jarang dan sulit dijumpai, seperti: galah, engrang, gebo-gebo, congklak dsb.

Manfaat Olahraga Tradisional
Ada banyak manfaat yang dirasakan dan didapatkan dari olahraga tradisional. Selain menjaga kesehatan tubuh, olahraga ini dapat membuat pikiran tetap sehat dan mencegah resiko penyakit yang mematikan, seperti: jantung, kangker, dsb. Namun ada yang menjadi karakter khas dalam permainan tradisional, yaitu memupuk dan melatih rasa solidaritas, setiakawan dan belajar pola kerjasama yang baik dalam sebuah tim.

Sudah sepatutnya olahraga permainan tradisional harus terus dilestarikan dari generasi ke generasi. Namun sayang saat ini permainan tradisional banyak yang dilupakan karena digantikan oleh permainan-permainan modern yang tidak bersifat olahraga. Namun tetaplah optimis, karena bukanlah sesuatu yang tidak mungkin jika olahraga permainan tradisional mulai kembali dipopulerkan agar dapat menambah khazanah budaya Indonesia. 

No comments:

Post a Comment