Saturday 3 August 2019

Petuah Mengatasi Rambut Rontok

Petuah Mengatasi Rambut Rontok
Rambut Rontok

Memiliki rambut tebal nan indah merupakan harapan semua orang. Rambut ibarat mahkota dapat mempengaruhi penampilan dan masalah rambut rontok menjadi hal yang tidak diinginkan oleh siapapun juga. Jika rambut rontok dibiarkan bisa menyebabkan kebotakan.

Jika Anda mengalami masalah rambut rontok, dalam artikel ini adalah petuah yang diyakini sudah ada sejak jaman dulu dan berkhasiat mengatasi permasalahan rambut rontok. Apa saja petuah untuk mengatasi rambut rontok? Yuk langsung saja simak pembahasannya berikut ini!

Penyebab Rambut Rontok Dan Cara Mengatasinya.
Keindahan dan kesehatan rambut Anda dapat menunjang penampilan Anda. Jika Anda sudah berhasil mengubah penampilan dan gaya berbusana Anda dengan tepat, namun tidak dibarengi dengan kondisi rambut yang sehat tentu saja hal ini mengganggu penampilan. Rambut rontok atau Alopecia bisa disebabkan karena faktor keturunan, mengkonsumsi obat-obatan tertentu atau bisa juga disebabkan karena kurang/ salah dalam melakukan perawatan.

Apa dan bagaimana cara mengatasi rambut rontok?
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut rontok, seperti penggunaan shampoo, kondisioner dan perawatan rambut di salon. Namun bisa jadi cara tersebut bisa jadi malah mempercepat rambut rontok.  Berikut ini tips dan cara yang harus diperhatikan untuk mengatasi masalah rambut rontok:

1.    Shampo yang tepat
Shampo yang tepat adalah sampho yang sesuai dengan jenis kulit kepala Anda. Saat ini sudah banyak merk shampoo yang mengatasi masalah rambut, contohnya shampoo yang menggunakan ramuan khusus mengatasi ketombe atau rambut rontok dsb.

Jadi sebelum Anda membeli merk shampoo yang sesuai dengan jenis kulit, pilihlah yang khusus mengatasi rambut rontok. Dalam jangka waktu tertentu jika permasalahan tersebut sudah selesai, sebaiknya hentikan pemakaiannya.

2.    Kebersihan rambut
Menjaga kebersihan rambut adalah hal yang utama untuk mendapatkan kulit rambut yang sehat. Cucilah rambut dengan teratur dan benar. Salah satu penyebab rambut rontok bisa disebabkan karena kurangnya kebersihan kulit kepala.

3.    Mengeringkan Rambut
Mengeringkan rambut menggunakan hair dryer, lebih praktis dan cepat. Namun sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan hair dryer. Karena kadang menyebabkan panas yang berlebihan ke kulit kepala dan bisa menyebabkan rambut rontok lebih banyak.

Anda bisa mengeringkan rambut dengan handuk, caranya: handuk ditekan dengan pelan. Jangan memerasnya sepeeti memeras baju karena bisa menyebabkan rambut rontok lebih banyak.  Diamkan rambut agar kering secara alami.

4.    Jangan terlalu sering mengecat dan menggulung rambut
Pewarna rambut mengandung bahan-bahan kimia yang jika digunakan terlalu sering bisa menyebabkan rambut semakin rontok dan tidak sehat. Dan jangan juga terlalu sering menset (menggulung atau mengerol rambut).

5.    Cara Mensisir rambut
Menyisir rambut pada saat rambut rontok tentu menjadi kegiatan yang menyebalkan, mengapa tidak pada saat disisir rambut semakin banyak yang berkurang.

Pada saat rambut rontok usahakan menyisir dengan sisir yang berbahan lunak sebelum tidur dan sesudah bangun tidur. Cara menyisir rambut bisa dengan posisi tubuh membungkuk. Sikatlah mulai dari batas keliling rambut yang semuanya mengarah ke bagian puncak atau pusat kepala. Cara tersebut dapat membantu melancarkan peredaran darah dan getah bening.

Dari kelima pesan atau petuah mengatasi rambut rontok di atas, ada yang tidak kalah penting yaitu menjaga asupan makanan dan menjaga pola hidup sehat. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan membantu mengatasi masalah rambut rontok dan menghindari dari kebotakan.


No comments:

Post a Comment