Wednesday 30 October 2019

Cara Membaca Indah Menggunakan Ekspresi

W.S Rendra

Membaca indah menggunakan ekspresi merupakan suatu usaha untuk menghidupkan dan mengkomunikasikan suatu bahan bacaan yang memiliki nilai-nilai sastra yang mengutamakan keindahan dalam penyampaiannya.

Pengertian Membaca Indah

Salah satu akitivitas membaca indah adalah membaca puisi. Dalam membacakan puisi pembaca akan mengungkapkan perasaan dan gagasan penyair melalui suara. Kemampuan pembaca puisi akan terlihat bagaimana ia memahami puisi yang dibacakan dengan menggunakan nada, irama, jeda, ekspresi wajah dan gerak yang menunjang isi puisi.

Menurut Sabarti Akhdiah yang dimaksud dengan membaca indah pada intinya adalah membaca teknik juga. Namun bacaan yang digunakan adalah karya-karya sastra. Tujuan dari membaca indah dengan menggunakan ekspresi yang tepat adalah bertujuan apresiatif.

Sedangkan menurut Yayah Churiyah, yang dimaksud dengan membaca indah bisa juga diartikan dengan membaca secara emosional. Hal ini disebabkan menyangkut beberapa hal yang berhubungan dengan keindahan dan estetika yang dapat mempengaruhi emosi dan perasaan audience yang mendengarkan.

Tahapan-Tahapan Dalam Membaca Indah

Membaca indah bukan sekedar membaca saja, namun pembaca harus mampu membuat penonton mengerti dan memahami apa yang menjadi gagasan dalam karya sastra yang dibacakan. Maka untuk membaca indah diperlukan tahapan yaitu: persiapan dan pelaksanaan.

Tahap Persiapan

Pada tahap persiapan, pembaca harus melakukan beberapa hal, antara lain adalah sebagai berikut:
  • Pahami judul karya sastra yang akan dibacakan. Dengan memahami judul, pembaca bisa mengetahui tema apa yang terdapat dalam isi karya sastra yang akan dibacakan.
  • Pahami isi, cerita yang terdapat dalam karya sastra yang akan dibacakan.
  • Pahami setiap olah kata dan bentuknya.
  • Pahami apa yang menjadi pesan yang disampaikan oleh penyair atau sastrawan yang membuat karya sastra yang akan dibacakan.
Tahap Perlaksanaan

Setelah selesai melakukan tahap persiapan, pembaca memasuki tahap pelaksanaan. Yang harus diperhatikan pada saat membaca indah, diantaranya adalah:
·         Kejelasan vocal dan intonasi.
·         Kemerduan suara.
·         Keserasian antara gerak, mimik dan kalimat yang sedang diucapkan.
·         Mengembangkan klimaks.
·         Dan yang terakhir adalah memahami audience.

Agar vocal, intonasi dan mimik dilakukan dengan baik, terlebih dahulu yang harus adalah berlatih teknik olah vocal dan mimik yang benar.

Dari uraian di atas kita dapat menyimpulkan cara membaca indah menggunakan ekspresi dapat berjalan sesuai dengan tujuan dan komunikatif apabila melakukan tahapan persiapan dan pelaksanaan dengan benar. Selain itu agar pendengar merasakan apa yang dirasakan oleh pembaca, membaca indah harus dilakukan dengan penghayatan.

No comments:

Post a Comment