Wednesday 30 October 2019

Cara Rajawali Memperpanjang Umur

Burung Rajawali

Burung rajawali terkenal dengan ketangguhannya. Ia mampu menghadapi badai, tidak seperti burung lainnya yang menghindari badai, rajawali justru terbang menembus badai sampai mendapatkan arus udara yang teanang. Selain mampu terbang tinggi, penglihatannya sangat tajam.

Tahukah Anda, burung rajawali ternyata bisa memperpanjang umurnya, caranya ungguh sangat aneh dan cenderung menakutkan. Di antara pembaca mungkin ada yang baru tahu bahwa sebenarnya burung rajawali bisa menentukan hidupnya dengan memperpanjang umur. Bagaimanakah cara rajawali memperpanjang umurnya? Simak pembahasannya berikut ini.

Keistimewaan Burung Rajawali

  1. Burung rajawali memiliki penglihatan yang tajam, dengan kuku yang bisa mencengkram, ia dapat terbang sangat tinggi dengan kepakkan sayapnya yang begitu gagah.
  2. Berbeda dengan burung lainnya, jika datang badai maka akan berlari menyelamatkan diri, namun burung rajawali malah menantikan datangnya badai. Di saat badai datang ia akan terbang menghadapi badai dengan menerjangnya. Ia tidak mengepakkan sayapnya namun mengembangkan sayapnya untuk melambung tinggi.
  3. Burung rajawali memiliki penglihatan yang tajam ia memiliki lebih fotoreseptor di retina sebanyak 1.000.000 lebih per mm persegi
  4. Jika bulu yang tumbuh dibadannya terlalu lebat maka ia akan pergi mencari tempat tinggi untuk bersembunyi dan menyabuti bulu-bulunya dan mematuki paruhnya hingga hancur. Rajawali akan bertapa selama enam bulan sampai kondisinya kembali pulih. Dengan bulu yang lebat akan membuat rajawali kesulitan terbang tinggi.
Dibalik kegagahannya, burung rajawali memiliki sifat yang sabar dan sadar akan kekuatannya, jika kekuatannya berkurang ia tidak akan memaksakan diri untuk terbang dan akan mencari tempat yang tinggi di atas bukit yang berbatu.

Cara Memperpanjang Umur

Umur rajawali bisa mencapai 70 tahun, namun untuk mencapai umur tersebut rajawali dihadapkan dua pilihan tepatnya saat memasuki umur 40 tahun, yaitu: apakah ia akan meneruskan hidupnya atau mengakhiri hidupnya hanya sampai 40 tahun.

Seekor rajawali yang mengambil pilihan untuk hidup lebih panjang selama 30 tahun lagi harus menjalankan proses atas pilihannya yaitu melewati transformasi yang menyakitkan dan waktu yang sangat lama.

Biasanya dimulai dengan ia  akan terbang ke pegunungan berbatu yang tinggi dan sepi, jauh dari jangkauan binatang lain dan manusia. Kemudian ia akan membangun sarang. Setelah selesai membuat sarang rajawali akan mematuk-matukan paruhnya ke bebatuan yang keras sampai paruhnya terlepas, kemudian ia harus menunggu paruh barunya muncul.

Dengan paruh barunya,  ia akan mencopoti kuku kakinya sampai semuanya terlepas. Kemudian ia harus menunggu agar kuku-kukunya tumbuh kembali.  Setelah tumbuh rajawali akan mencabuti bulu-bulunya dengan menggunakan paruh dan kuku secara bergantian.

Proses yang sungguh membutuhkan kesabaran dan kekuatan diri seekor rajawali. Setelah berhasil melalui proses yang menyakitkan tersebut, rajawali dapat menikmati pengorbanan dan perjuangannya dengan kembali dapat terbang tinggi ke angkasa dan menjalani 30 tahun sisa usianya.

Dalam menjalani hidup, kita bisa belajar dari  bagaimana cara rajawali memperpanjang umur, yaitu bahwa segala sesuatu yang kita ambil atau putuskan memiliki konsekuensinya dan untuk mendapatkan sesuatu dibutuhkan kerja keras, semangat tidak pantang menyerah. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan motivasi bagi kita semua.

No comments:

Post a Comment