Saturday 7 December 2019

Antisipasi Sejak Dini, Kenali Penyebab dan Gejala Penyakit Maag

Hasil gambar untuk penyakit maag"
Penyakit Maag Kambuh

Penyebab awal penyakti maag bisa karena pola makan yang kurang baik. Indikasi awal bisa berupa perut terasa kembung, sering bersendawa dsb. Hati-hati bisa jadi itu merupakan indikasi Anda mengalami gejala maag. Namun perlu diketahui pula gejala lainnya, karena tidak semua perut kembung atau bersendawa menjadi petanda penyakit mag.

Gejala Maag
Di dalam dunia kedokteran penyakit maag istilahnya disebut dengan gastritis. Jika terkena penyakit ini, awalnya akan ditandai dengan gejala sebagai berikut: 

1.   Perut kembung, hal ini disebabkan karena naiknya asam lambung yang berlebihan. 
2. Terasa mual dan muntah-muntah, hal ini disebabkan karena terjadinya impuls otak bawah yang berhubungan dengan saraf sakit dan iritasi dari traktus gastrointensinal.
3.   Tanda-tanda lainnya adalah tidak nafsu makan, wajah terlihat pucat, sering keluar keringat dingin, suhu badan naik dan sering bersendawa terutama dalam keadaan lapar.
4. Anehnya orang yang terkena penyakit maag, biasanya malah merasa sering lapar, hal tersebut disebabkan karena telat makan atau seringkali makan dalam porsi yang banyak.
5. Sakit pada saat buang air besar disebabkan karena pola makan yang tidak teratur menyebabkan terganggunya sistem pencernaan dan saluaran pembuangan akhir.

Asam lambung pada dasarnya merupakan cairan alami yang berfungsi untuk melumat bahan makanan yang masuk ke dalam mulut. Selain disebabkan karena pola makan yang tidak teratur, penyakit maag bisa disebabkan juga karena pola hidup yang tidak sehat, seperti: sering begadang, merokok, sters dan minum minuman beralkohol.

Penyebab Gejala Maag
Penyebab penyakit maag bisa karena luka atau  peradangan yang disebabkan karena beberapa faktor, salah satunya adalah karena telambat makan atau pola makan yang tidak teratur. Telat makan bagi banyak orang dianggap biasa, padahal inilah yang bisa menjadi pemicu awal sakit maag. Namun demikianlah kehidupan penuh dengan ritme aktivitas yang sangat padat membuat lupa makan. Padahal inilah yang menjadi penyebab penyakit maag. Apabila kebiasaan ini terus didiamkan bisa menyebabkan maag akut yang berbahaya.

Langkah Untuk Mencegah dan Mengobati Maag
Untuk mencegah penyakit maag sangat mudah yaitu dengan melakukan hal sebaliknya dari apa yang sudah diuraikan di atas, yaitu dengan menjaga pola makan dengan baik dan mengurangi konsumsi makanan yang dapat menganggu kerja lambung, seperti: makanan pedas, asam dan menghindari makanan yang bisa membentuk gas seperi ubi, nangka. Selain itu barengi dengan melakukan olahraga secara teratur.

Namun apabila maag sudah terlanjur menyerang Anda, solusinya adalah mengistirahatkan lambung lalu mulailah mengkonsumsi makanan yang baik untuk lambung, seperti: kentang rebus, sereal, pisang dan perbanyak minum air putih. Mengistirahatkan lambung caranya bisa dengan melakukan puasa. Jika kondisi semakin parah, sebaiknya periksa ke puskesmas atau dokter untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.


Dengan mengenali gejala atau tanda maag akut kita bisa melakukan tindakan cepat dan mengantisipasinya dengan pola hidup yang sehat dan mengatur pola makan yang baik dan sesuai dengan porsi. Semoga informasi ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment