Tuesday 17 December 2019

Belajar Dari Pengalaman Masalah Sulit Yang Pernah Dihadapi


Hasil gambar untuk masalah hidup"
Motivasi Hidup Ketika Menghadapi Masalah

Masalah sulit yang pernah dihadapi lalu kemudian mampu diselesaikan, merupakan pengalaman yang berharga. Manusia hidup tentu tidak akan lepas dari suatu masalah. Masalah merupakan suatu ujian yang datang dari Tuhan. Masalah sekecil apapun jika jika kita dapat menyelesaikannya membuat hidup lebih ringan. Begitupun sebaliknya, jika masalah tidak segera diselesaikan bisa semakin bertambah besar dan membuat hidup menjadi tidak tenang.

Kehidupan dalam keluarga maupun dilingkungan sosial seringkali kita menemukan berbagai masalah yang kelihatannya sepele, namun jika tidak disikapi dengan benar bisa mengakibatkan masalah menjadi lebih kompleks. Berikut adalah tips bagaimana menghadapi masalah yang sulit dihadapi.

Berfikir Positif

Berfikir positif membantu Anda untuk mencari solusi. Jika pikiran Anda cendrung negatif bisa mengakibatkan Anda menjadi pesimis. Dengan rasa pesimis itulah Anda tidak dapat menemukan solusi yang tepat.

Optimis adalah langkah yang penting saat Anda akan menyelesaikan masalah. Sebesar apapun masalah Anda tentu akan ada jalan keluar. Seperti firman Allah dalam surat Al-Baqorah ayat 286 : Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya, ia mendapatkan pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya”.

Jika Anda sudah berfikir tidak sanggup menyelesaikannya maka yang pertama harus diselesaikan adalah pola pikir Anda.

Berpikirlah Kreatif

Berpikir kreatif adalah kemampuan untuk menghasilkan ide-ide baru yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah Anda. Jika satu ide tidak berhasil maka teruslah mencoba dengan cara yang lain . Dengan banyaknya pengalaman mencari dan mencoba membuat Anda semakin tangguh dan mampu menghadapi masalah yang suatu hari nanti.

Motivasi

Berfikir positif dan memiliki kreativitas harus dibarengi dengan motivasi. Dengan motivasi, akan muncul semangat dan semakin terdorong untuk melakukan ide-ide yang kreatif. Yang sering dihadapi adalah motivasi yang kadang naik turun, (tergantung mood), Jadi Anda harus memiliki cara agar motivasi dapat bertahan.

Evaluasi Diri

Untuk menghindari masalah yang terus menerus datang, caranya bisa dengan melakukan evaluasi  dan intropeksi diri. Dengan mencari jawaban mengapa masalah tersebut bisa datang, lalu bagaimana cara Anda menyelesaikannya dan bagaimana hasilnya. Dengan adanya evaluasi dan intropeksi diri diharapkan suatu hari nanti kita bisa terhindar atau menghindari kesalahan yang sama.

Seperti pepatah seekor keledaipun tidak akan jatuh ke dalam lubang yang sama” . Belajar dari masalah sulit yang pernah dihadapi membuat kita lebih berhati-hati dalam menentukan pilihan dan sikap.

No comments:

Post a Comment