Saturday 7 December 2019

Ingin Belajar Menulis Novel, Langkah Awal Kenali Dulul Genre Novel Berikut Ini

Hasil gambar untuk menulis novel"
Ilustrasi Buku Novel

Dalam karya novel terdapat beberapa jenis (genre) yang membentuk ciri karya tersebut. Novel sebagai sebuah karya sastra fiksi menawarkan sebuah dunia yang berisi mengenai kisah kehidupan yang dibangun melalui unsur instrinsiknya seperti: tokoh, latar belakang, sudut pandang, plot, alur dsb yang semuanya bersifat naratif.

Saat ini banyak jenis atau genre novel, mulai dari yang berbau Korea untuk remaja, novel yang tidak begitu berat baik pembahasan dan bahasanya hingga bisa dibaca dengan waktu singkat atau novel yang berikisah tentang percintaan, misteri, horror dsb. Genre apa saja yang terdapat dalam novel?  Berikut adalah beberapa macam jenis novel baik fiksi maupun non fiksi :

Novel Romantis

Jenis novel romantis, umumnya menyuguhkan cerita mengenai percintaan dari awal sampai akhir. Tokoh dalam cerita bisa antara usia remaja hingga dewasa. Pertemuan dan konflik cerita ditulis dengan semenarik mungkin. Konflik dalam cerita berlanjut sampai terjadi klimaks, dan diakhiri dengan cerita yang membahagiakan. Namun banyak pula penulis yang membuat akhir menggantung, membiarkan pembaca menyelesaikan cerita itu sendiri.

Novel Komedi

Jenis novel komedi, umumnya menceritakan mengenai kisah-kisah yang ringan. Gaya ceritanya dibuat santai dan diiringi dengan humor. Tokoh-tokoh dalam cerita umumnya sangat beragam.

Novel Horor

Jenis novel horror, adalah novel yang menceritakan seputar dunia ghoib. Yang menarik dari genre ini adalah latar belakang yang bersumber dari dimana hantu itu berasal.

Novel Misteri

Dalam genre misteri biasanya petunjuk yang disampaikan kepada pembaca berupa potongan-potongan dan hanya dipaparkan secara keseluruhan pada bagian akhir. Contoh novel misteri yang terkenal adalah novel-novel karya Agatha Christie.

Novel Inspiratif

Jenis novel inspiratif adalah kisah yang bisa diambil inspirasi pembacanya. Tema yang disuguhkan sangat beragam mulai dari perjalanan keberhasilan seseorang, pendidikan, percintaan, ekonomi dsb. Novel inspiratif mencoba pembaca merasakan emosi tokoh yang terdapat dalam cerita. Cara yang digunakan bisa dengan menggunakan deskripsi yang detail, gaya bahasa yang kuat atau tokoh yang memiliki sifat dan karakter yang tidak terduga.

Novel Teenlit

Jenis novel teenlit adalah novel yang berkisah mengenai seputar dunia remaja, mulai dari kisah percintaan, pencarian jati diri, persahabatan, puberitas dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan kehidupan remaja pada umumnya.

Novel Chicklit

Novel Chiclit adalah jenis novel yang menceritakan kehidupan wanita muda yang belum menikah. Umumnya isinya sangat konfleks.


Demikian beberapa jenis atau genre novel. Sebenarnya masih genre lainnya seperti: fiksi sains, fantasi, petualangan aksi dsb. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment