Tuesday 17 December 2019

Keterampilan Berkomunikasi, Prinsip - Prinsip Komunikasi Efektif

Hasil gambar untuk bicara"
Bicara Efektif

Prinsip bicara efektif bisa digunakan apabila saat Anda melakukannya paham dan mengerti prinsip-prinsip dan tekniknya. Seperti apa teknik berbicara yang efektif? Simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Komunikasi

Komunikasi adalah suatu kegiatan yang tidak bisa terpisah dari kehidupan manusia di seluruh muka bumi ini. Dengan berkomunikasi seseorang dapat menyampaikan pesan atau mengungkapkan dengan bahasa. Kemampuan berkomunikasi mempengaruhi seseorang dalam bermasyarakat. Contohnya jika ingin sukses atau diterima bekerja dalam suatu perusahaan kemampuan pertama yang dilihat adalah bagaimana cara berkomunikasi.

Namun tidak semua orang mampu melakukan komunikasi efektif, sehingga apa yang menjadi tujuannya berkomunikasi tidak berhasil. Ada banyak penyebab komunikasi tidak berjalan efekif yaitu tidak semua orang memahami apa makna dan tujuannya berkomunikasi dan tidak semua orang mengetahui prinsip-prinsip komunikasi menjadi efektif. Berikut penjelasannya.

Makna Dan Tujuan Komunikasi

Secara umum komunikasi mengandung makna bersama-sama. Seiring dengan perkembangan dan perubahan jaman, banyak pengertian komunikasi yang dipaparkan oleh para ahli. Dari berbagai sudut pandang komunikasi terdapat 5 komponen penting yaitu:

·         Komunikator (orang yang menyampaikan pesan).
·         Komunikan (orang yang mendengarkan atau menerima pesan),
·         Pesan yang hendak disampaikan.
·         Saluran atau media penyampai pesan.
·          feed back atau umpan balik.

 Prinsip – Prinsip Dasar Dalam Komunikasi Efektif

Untuk mencapai komunikasi yang efektif memang tidaklah mudah. Ada banyak hal yang harus dipahami dan dilakukan. Anda tidak hanya harus memperhatikan cara dan kemampuan Anda saja, namun juga harus memahami siapa dan bagaimana orang yang mendengarkan. Ada beberapa prinsip dalam melakukan komunikasi efektif, antara lain adalah:

1.    Respect, adalah perasaan positif dan memberikan penghormatan kepada siapapun yang sedang berbicara.
2.    Empathy, adalah kemampuan dalam menempatkan diri pada saat situasi dan kondisi yang sedang dihadapi atau dirasakan orang lain.
3.    Audible, adalah apa yang disampaikan harus dapat didengarkan dan dimengerti oleh yang mendengarkan. Agar proses audible dapat berjalan dengan baik, harus melakukan beberapa hal seperti:
·         Pesan yang akan disampaikan harus dapat dipahami.
·         Sampaikan yang penting, jangan bertele-tele.
·         Gunakan bahasa tubuh yang efektif.
·         Gunakan ilustrasi
4.    Clairity, adalah kejelasan pesan yang disampaikan, tidak mengandung banyak makna dan penafsiran.
5.    Humble, adalah prinsip yang berhubungan dengan respect biasanya dibarengi dengan sikap rendah hati.

Demikian pembahasan mengenai prinsip bicara efektif yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berbicara yang efektif akan berjalan lancar apabila dibarengi dengan menjadi pendengar yang baik. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan selamat mencoba!           

No comments:

Post a Comment