Tuesday 17 December 2019

Manfaat Melakukan Penelitian Bagi Mahasiswa, Tidak Hanya Sekedar Syarat Kelulusan


Hasil gambar untuk membuat penelitian"
Membuat Penelitian

Kegiatan penelitian dihubungkan dengan suatu aktivitas seorang ahli di laboratorium. Penelitian sebenarnya bukan kegiatan yang hanya bisa dilakukan oleh para ahli, siapapun boleh melakukan kegiatan penelitian. Ternyata ada banyak manfaat melakukan penelitian bagi mahasiswa, tidak sekedar persyaratan lulus kuliah. Apa saja manfaatnya? simak ulasannya berikut ini.

Melalui proses pendidikan di berbagai jenis bidang kajian, mahasiswa akan mendapatkan berbagai ilmu dan kompetisi. Dengan penguasaan ilmu pengetahuan sudah seharusnya ilmu pengetahuan tersebut diolah dan menghasilkan sesuatu yang membawa manfaat melalui proses penelitian yang dilakukan.

Hasil penelitian yang dikerjakan oleh mahasiswa adalah bukti bahwa mahasisawa melakukan kompetisi di perguruan tinggi tempat mereka menuntut ilmu. Namun tidak sedikit mahasiswa yang merasa percaya diri bahkan mengecilkan proses penelitian. Akibatnya tidak sedikit pula mahasiswa yang mengalami hambatan untuk menyelesaikan studinya.

Tujuan penelitian Bagi Mahasiswa

Dalam jenjang pendidikan perguruan tinggi setiap mahasiswa diharuskan membuat penelitian ilmiah sebagai salah satu syarat kelulusan. Sebelumnya mahasiswa sudah diperkenalkan terlebih dahulu dengan mata kuliah mengenai metode penelitian, umumnya para mahasiswa diberikan tugas melakukan penelitian.

Tujuan penelitian secara garis besar adalah media melatih untuk mengungkapkan pemikiran dan hasil analisis dengan cara membuat laporan penelitian yang disusun secara sistematis dan metodologis. Dengan adanya penelitian dapat dijadikan  wahana transfortasi pengalaman, pengetahuan antara peneliti dengan institusinya dengan mahasiswa yang lain dan lebih luas dengan masyarakatnya.

Manfaat Penelitian Bagi Mahasiswa

Ada banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh mahasiswa jika melakukan kegiatan penelitian, manfaatnya antara lain adalah sebagai berikut:

1.    Mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya selama perkuliahan dengan membuat laporan penelitian ilmiah secara sistematis dan teratur.
2.    Menambah wawasan dan kemampuan untuk berfikir lebih tajam mengenai penerapan teori dalam penerapan yang sebenarnya.
3.    Dengan melakukan penelitian, mahasiswa dilatih untuk membaca dengan efektif.
4.    Melatih mengumpulkan dan mengolah berbagai sumber data yang diperoleh.
5.    Memperoleh kepuasan dalam hal intelektual.
6.    Memperluas dan membuka cakrawala ilmu pengetahuan dan lebih memahami hubungan antara bidang kajian yang dipelajari dengan bidang kajian atau ilmu-ilmu lainnya.
7.    Menjadi bahan referensi dan acuan bagi penelitian selanjutnya.

Dari uraian singkat mengenai tujuan dan manfaat melakukan penelitian bagi mahasiswa, diharapkan dapat membantu para mahasiswa khususnya dalam memahami manfaat melakukan penelitian baik untuk gelar kesarjanaannya maupun dalam proses pembentukan pola berfikir yang terencana dan sistematis. Semoga pembahasan dalam artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment