Sunday 12 January 2020

Acara Wisuda XIV Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB) Kukuhkan Sebanyak 209 Wisudawan


Acara Wisuda XIV Sekolah Tinggi Teknologi Bandung

Sabtu, 11 Januari 2020 menjadi hari bahagia bagi 209 wisudawan Sekolah Tinggi Teknologi Bandung. Acara wisuda XIV yang digelar di Harris Hotel & Conventions Bandung tersebut dimulai sekitar pukul 08.00 WIB. Acara dibuka dengan tarian selamat datang, kemudian dilanjutkan sambutan pembukaan oleh Ketua STT Bandung, Bapak Muchammad Naseer S.Kom M.T. Dalam kesempatan tersebut beliau juga memaparan laporan dan prestasi dosen selama tahun 2019.

Sambutan kemudian dilanjutkan oleh Bapak, Dr. Dadang Hermawan sebagai Pembina Yayasan. Kemudian diteruskan sambutan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Indonesia.

Terdapat 209 wisudawan yang berbahagia saat itu, terdiri dari 3 jurusan dengan komposisi yaitu dari Prodi Teknik Industri sebanyak 113 orang, Prodi Teknik Informatika 70 orang Prodi Desain Komunikasi Visual 26 orang.

Dihadiri Oleh Dr. Ing Ilham Akbar Habibie, M.B.A Sebagai Pembicara Utama

Dr. -Ing Ilham Akbar Habibie Sebagai Pembicara Utama Acara Wisuda XIV STTB 

Dalam acara wisuda XIV STTB dihadiri oleh Dr.-Ing Ilham Akbar Habibie, M.B.A selaku Ketua Pelaksana Dewan TIK Nasional Republik Indonesia (WANTIKNAS). Beliau menyampaikan materi mengenai Peranan Generasi Muda dalam Penerapan Teknologi dan Inovasi di Era 4.0. 

Salah satu penjelasan beliau adalah kutipan dari Presiden Chile, APEC di Bali, tahun 2013 yaitu: bahwa ekonomi di masa datang harus mengandalkan inovasi. Ada sekurangnya empat hal yang perlu diperhatikan oleh negara dimanapun, termasuk di Indonesia untuk mencapai potensi yang maksimal di masa depan, yaitu
  1. Berinvestasi ke Human Capita
  2. Berinvestasi ke Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
  3. Membina dan Mendukung Inovasi dan Kewirausahaan
  4. Memaksimalkan Kemiskinan
Beliau menjelaskan bagaiman poin-poin tersebut saling berkaitan, no (1) dan (2) adalah syarat untuk keberhasilan no (3) dan ketiganya berkontribusi secara signifikan dan berkesinambungan untuk keberhasilan no (4).

Dan masih banyak materi lainnya yang beliau sampaikan berhubungan dengan dunia industri, peran pemerintah, platform untuk masyarakat dan poin-poin penting lainnya yang bermanfaat, motivasi semangat untuk terus berinovasi dan siap menjadi SDM unggul.

Skripsi Dan Wisudawan Terbaik 

Dari masing-masing prodi, dipilih sebanyak 3 skirpsi terbaik dan wisudawan terbaik. Para wisudawan tersebut mendapatkan penghargaan yang diberikan langsung oleh Dr. Ing Ilham Akbar Habibie, M.B.A, Ketua Yayasan LPPI Bandung dan Ketua STT Bandung.

Para Wisudawan Terbaik Pada Acara Wisuda XIV STTB

Skripsi Terbaik Prodi TI 

1. Virgiawan Candra Bhakti, S.T 
Judul : Perancang dan Pengembangan Hospital Transfer Bed Dengan Pendekatan Karakur
2. Indra Rukmana, S.T 
Judul : Optimasi Produksi Dyeing Finishing Dengan Metode Interger Linear Programming
3.   Zaenal Uyun, S.T 
Judul : Perbaikan Produk Meja Belajar Lipat Multifungsi Ergonomis Untuk Meningkatkan Motivasi dan Semangat Belajar Menggunakan Metode Kansei Engineering.

Wisudawan Terbaik TI  : Dheyu Laksmi Wulandari, S.T

Skripsi Terbaik TIF

1. Deri Hermawan, S.KOM
Judul : Aplikasi 3D Virtual Reality Sebagai Media Bantu Terapi Acrophobia Berbasis Android
2. Regina Suksma Citra, S.KOM
Judul : Klasifikasi Ujaran Kebencian Dengan Metode Naive Bayes Classification di Sosial Media Facebook Berbasis Web
3. Yasi Aisyah Primianjani, S.KOM
Judul : Rancang Bangun Sistem Pemutus Aliran Listrik kwh Meter Pascabayar Berbasis Web Menggunakan Mikrokontroler

Wisudawan Terbaik TIF : Muhammad Rizal Mutaqin, S.KOM

Skripsi Terbaik DKV 

1. Andri Setiawan, S.DS
Judul : Perancangan Aplikasi Rencana Anggaran Biaya Membangun Rumah
2.  Bagus Arya Suseno, S.DS
Judul : Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik dan Peta Wilayah RT 07 RW 08 Baleendah Kab. Bandung
3.  Luthfi Alfaritzi, S.DS
Judul : Perancangan Boardgame Pengenalan Permainan Tradisional Jawa Barat Untuk Anak (usia 8-12 tahun) di Kota Bandung

Wisudawan Terbaik DKV : Tiffani Zeta D , S.DS

Setelah pemberian penghargaan kepada para wisudawan dan skripsi terbaik, acara dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Mitra STTB, lalu perwakilan wisudawan memberikan kesan selama proses menuntut ilmu di Sekolah Tinggi Teknologi Bandung, pengucapan janji wisudawan, apresiasi dan puisi untuk orang tua.

Menjelang satu jam acara berakhir yaitu sekitar pukul 11.55 WIB semua yang hadir bersama-sama menyanyikan lagu Bagimu Negeri, Syukur, kemudian pembacaan doa, penutupan rapat senat terbuka dan hiburan. Acara berlangsung dengan tertib dan penuh kegembiraan.





No comments:

Post a Comment