Sunday 22 March 2020

Cara Melihat Hantu-Hantu Paling Populer di Indonesia

Cara Melihat Hantu (Lan Gao - Unsplash)

Di antara pembaca tentu ada yang pernah mengalami kejadian-kejadian menyeramkan, atau mungkin ada juga yang sampai sekarang masih penasaran dengan penampakan hantu itu seperti apa. Cara melihat hantu atau kejadian bertemu hantu menjadi cerita yang mendebarkan, oleh karenanya banyak kejadian yang diangkat menjadi film, cerpen bahkan menjadi acara rutin yang disiarkan di radio dan televisi.Sebenernya seperti apa sih hantu itu? Hantu secara umum diartikan sebagai roh atau arwah gentayangan dari orang yang telah meninggal. Pengertian hantu sendiri berbeda beda di setiap agama, jaman dan adat istiadat daerah, misalnya saja hantu di Indonesia berbeda dengan hantu-hantu Eropa. Pada cerita dan film-film hantu Eropa terkesan lebih keren dan bersih, walaupun sama-sama berwajah pucat dan tembus pandang.

Di Eropa hantu gak suka dikasih sesajen seperti: menyan, telor ayam kampung, rokok, kopi dan bunga tujuh rupa.Berbeda dengan di Indonesia, hantu-hantunya suka sekali kalau dikasih sesajen. Indonesia yang memiliki keragaman budaya, juga memiliki keragaman hantu-hantu. Semuanya sama-sama menyeramkan. Hantu-hantu yang terkenal di Indonesia adalah: sinderbolong, kuntilanak, gunderuwo, kalong wewe (sejenis gunduruwo dari daerah Jawa Barat), Glundung pringis (hantu kepala dikenal di daerah Jawa), hantu jerut purut, pocong dan lain sebagainya.

Ada hantu yang digambarkan berwajah cantik, tapi jangan senang dulu karena itu hanya permulaan, endingnya si hantu tetap saja kembali ke wajah semula dengan wajah yang rusak, rambut kusut serta menggunakan baju yang berlumuran darah. Walaupun menyeramkan tidak sedikit manusia yang ingin membuktikan nyalinya dan ingin melihat hantu dengan mata kepalanya sendiri.

Beralih kembali ke hantu-hantu Indonesia, di tiap-tiap daerah memiliki cara melihat hantu yang berbeda-beda. Ada yang sengaja memanggilnya dengan cara mengadakan ritual-ritual khusus, ada juga yang  menggunakan permainan seperti main petak umpet di waktu magrib, permainan jalangkung dan lain sebagainya. Namun karena jenis-jenis hantu di Indonesia berbeda dan bermacam-maca, tentu saja kesukaan para hantu ini berbeda pula. Berikut akan diulas mengenai cara-cara melihat hantu, khususnya hantu-hantu yang paling populer ditakuti:

Cara Melihat Tuyul


Tuyul adalah makhluk sejenis hantu yang digambarkan dengan sosok anak kecil berkepala gundul. Cerita tuyul terkenal di Jawa. Hobinya adalah mencuri uang. Tuyul memang ditugaskan oleh manusia yang menjadi majikannya untuk mencuri uang. Konon katanya tuyul adalah hantu yang berasal dari janin bayi yang mati akibat dari keguguran. Cara melihat hantu tuyul bisa dengan cara-cara berikut ini:
  •  Sengaja menghitung uang di depan pintu.
  • Memasang yuyu di setiap sudut ruangan, namanya juga anak-anak tuyul senang sekali bermain yuyu. Akibatnya tuyul akan lupa tugas sang majikan atau bisa juga dengan
Cara Melihat Kuntilanak

Hantu perempuan ini  adalah hantu paling terkenal dan ditakuti oleh banyak orang. selain tampangnya yang menakutkan, ia juga suka tertawa atau menangis. Ini benar-benar bisa membuat bulu kuduk merinding. Konon katanya kuntilanak adalah perempuan yang meninggal pada waktu melahirkan, oleh karenanya ada sosok kuntilanak yang digambarkan sambil menggendong bayi.

Cara melihat hantu kuntilanak ini bisa dengan mendatangi tempat-tempat yang disukainya, yaitu: kuburan, hutan bambu, pohon besar. Kuntilanak melintas dengan cara melayang, layang hinggap disatu pohon ke pohon lainnya. Kadang kalau mengganggu manusia kuntilanak suka berubah dulu menjadi perempuan cantik, kalau yang diganggu jail dan memperlihatkan sifat nakal dan jahat maka kuntilanak akan berubah memperlihatkan wajah aslinya.

Kadang kemunculan kuntilanak dibarengi dengan tanda-tanda yang aneh misalnya; suara anak ayam, harum bunga. Jika kalian mendengar suara tertawa kuntilanak dengan jelas itu sebenarnya kuntilanak berada di posisi yang jauh dengan tempat di mana kamu diam. Tapi jika suaranya nampak jauh dan samar-samar jangan dulu merasa lega, karena sebenarnya ia sudah ada di dekat  kamu.

Cara Melihat Genderuwo

Genderuwo adalah hantu yang memiliki sosok besar, seluruh tubuhnya ditumbuhi bulu-bulu wajahnya menyeramkan dan memiliki taring seperti drakula. Genderuwo diam  di pohon-pohon besar, ada juga yang diam di bangunan-bangunan yang sudah lama tidak ditempati.
Cara melihat hantu genderuwo harus melalui ritual, yaitu dengan cara menyiapkan beberapa sesajen diantaranya:
  • kelapa yang sudah tua dan kering,
  •  bangkai hewan (apa saja)
  • Seikat Ijuk
caranya: belah kelapa menjadi dua dan masukkan bangkai hewan lalu ikat dengan tali ijuk kemudian bakar. Pada waktu asap mengepul, pejamkan mata. Kemudian olesi mata dengan air liur. tunggu sampai beberapa menit, jika bulu kuduk mulai merinding bukakan mata perlahan-lahan, maka sosok gunderuwo sudah ada dihadapan.

Cara Melihat Pocong

Tak kalah seram dengan kuntilanak, pocong juga sangat populer sampai-sampai ia diangkat menjadi tema layar lebar. Pocong memiliki cir-ciri: seluruh tubuhnya ditutupi kain putih, hanya bagian wajah saja yang terlihat, pada bagian kaki dan ujung atas kain diikat. Ada yang menggambarkan pocong berwajah mirip tengkorak dan muncul bilatung-bilatung tapi ada juga yang menggambarkan kalau pocong berwajah pucat.

Konon katanya pocong adalah manusia yang sudah meninggal namun tidak tenang, karena ada beban atau hutang didunia yang belum lunas. Pocong  akan mendatangi dan meminta maap kepada orang-orang yang masih memiliki urusan dengannya.. Pocong akan mendatangi terus sampai orang tersebut memberinya maaf. Ada juga yang bilang kalo pocong adalah mayat yang lupa dibuka ikatan tali pada kain kafannya.

Cara melihat hantu pocong adalah dengan mendatangi kuburan pada malam jumat, ia kadang diam dipohon-pohon sekitar kuburan. Pocong menampakkan diri dengan meloncat-loncat atau  ada juga yang melayang, ia muncul dengan tiba-tiba dari dibalik dinding, pohon atau mengintip dibalik jendela.

Ada juga yang berpendapat jika ingin didatangi  atau melihat hantu ini bisa dengan cara: membuka payung ditengah rumah atau mengusapkan tanah kuburan orang yang baru meninggal ke mata.

Cara Melihat Banaspati

Di daerah Jawa hantu ini yang paling ditakuti. Banaspati adalah setan yang berwujud singa namun kepalanya manusia dengan posisi kepala diatas, seluruh tubuh banaspati mengeluarkan api. Jika ingin melihat banaspati, tinggal datangi tempat tinggalnya dan melakukan hal-hal yang dilarang. 

Banaspati tinggal dipohon besar yang tinggi di daerah perkuburan. Sebaiknya jangan mau lihat hantu ini, karena selain menakuti ia bisa mencelakai sampai konon katanya bisa menyebabkan orang sampai mati. bertemu banaspati harus menahan nafas sampai banaspati pergi atau menceburkan diri ke sungai.

Tanda-Tanda Kehadiran Hantu

Bertemu hantu memang bukan sesuatu yang mudah, banyak juga yang bertemu hantu karena tidak disengaja dengan kemunculan yang sangat tiba-tiba. Sepertinya karena ketidaksiapan itu yang membuat orang ketakutan bahkan bisa sampai lari terbirit-birit. Kemunculan hantu bisa dilihat dari tanda-tanda, sebagai berikut:
  • Bau bunga atau bau bangkai
  • Bau Kemenyan
  • Bulu kuduk di sekujur tubuh berdiri/ merinding
  • Benda bergerak sendiri
  • Udara terasa aneh, menekan dada
  • Angin berhembus hanya disatu tempat
  • Muncul cahaya atau kilatan
  • Anjing atau binatang peliharaan lainnya memperlihatkan kegelisahan, misalnya anjing melolong dengan suara yang menyayat, gelisah dan mondar mandir.
Jika memang ingin mencoba cara melihat hantu seperti yang sudah dipaparkan di atas, sebaiknya terlebih dahulu kamu mengasah kepekaan panca indera dan menyiapkan iman serta mental. Karena siapa tau ternyata sebenarnya hantu-hantu juga sedang menyiapkan strategi, mencari cara bagaimana agar kamu bisa melihatnya. Ih sereeemm!!!

No comments:

Post a Comment