Thursday 26 March 2020

Cara Membuat Catatan Kaki Menggunakan Microsoft Word


Cara Bikin Catatan Kaki Menggunakan Microsoft Word
Cara Membuat Catatan Kaki

Catatan kaki atau foot note merupakan keterangan mengenai isi yang ditempatkan pada kaki tulisan. Catatan kaki berfungsi untuk menunjukkan tempat atau sumber kutipan yang dipakai untuk menguatkan pendapat yang dituliskan, juga dipakai untuk memberi referensi silang dan berfungsi untuk memberikan komentar atau tanggapan terhadap suatu pendapat. Nah berikut ini cara bikin catatan kaki yang benar.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan

Berdasarkan fungsinya, catatan kaki dibedakan menjadi dua, yaitu catatan kaki referensi dan catatan kaki isi. Pada catatan kaki referensi isinya mengenai catatan sumber yang dikutip. Penempatannya ditulis pada setiap halaman yang bersangkutan atau bisa juga ditulis pada akhir tulisan (setelah kesimpulan). Catatan kaki diakhir disebut jug end note. Cara penulisannya sama seperti penulisan catatan kaki sebelumnya.

Catatan kaki isi merupakan konvensi untuk penulisan karya ilmiah. Karena digunakan untuk penulisan karya ilmiah maka harus memperhatikan beberapa hal antara lain adalah:
1.    Catatan kaki harus dicantumkan di tempat yang sama seperti pencantuman nomor catatan kaki.
2.    Nomor harus menggunakan angka arab dan harus berurutan pada setiap bab.
3.    Pergantian bab harus diikuti pula dengan nomor catatan kaki yang berubah.
4.    Nomor diletakkan setengah spasi.
5.    Jarak ketik satu spasi, dan jarak ketik antar nomor atau sumber dua spasi.

Cara Membuat Catatan Kaki Dengan Microsoft Word

Untuk penulisan catatan kaki sudah disediakan dalam program Microsoft Word. Cara mebuat catatan kaki dengan MW adalah sebagai berikut:
  1. Pilih lokasi penempatan catatan kaki. Lalu tempatkan kursor editor, biasanya berupa garis vertical yang kedip-kedip. Untuk lebih mudah klik saja lokasi tersebut.
  2. Ada dua cara menyisipkan catatan kaki, yang pertama adalah dengan ribbon yaitu klik tombol menu ribbon references, kemudian klik insert footnote. Sedangkan cara kdua adalah dengan keyboard shortcurt. Jika program Microsoft Word Anda mendukung, bisa menggunakan shortcut ALT + I, N, N.

Setelah Anda selesai mengisi dialog footnote, klik insert footnote atau bisa dengan mengaktifkan dengan menggunakan keyboard shortcut. Berikut adalah cara mengisi dialoge footnote dan endnote :Bagian Location pilih footnotes, Sedangkan pada kotak yang tersedia bisa pilih bottom of page untuk menaruh keterangan di bagian bawah halaman kertas.

Untuk bagian format.
1.    Pilih Number format sesuai keinginan apakah cara penomerannya dengan : 1, 2, 3… atau a, b, c, … atau i, ii, iii, … atau huruf I,II,III, …
2.    Custom Mark isi jika catatan kaki Anda berupa symbol, kata atau sesuaikan dengan keinginan.
3.    Start at diisi dengan memulai angka yang paling kecil yang digunakan di awal dari nomor catatan kaki.
4.    Jika Anda menggunakan format nomor bisa langsung pilih number format.

Setelah selesai Anda lihat kembali apakan format penulisannya sesuai. Jika ada penambahan tinggal klik insert dan tambahkan footnote pada dokumen Anda. Demikian informasi mengenai cara bikin catatan kaki atau footnote, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment