Monday 23 March 2020

Dongeng, Legenda Rakyat Mulai Dari Sangkuriang Hingga Maling Kundang


Dongeng, Legenda Rakyat Mulai Dari Sangkuriang Hingga Maling Kundang
Ilustrasi Legenda Rakyat Sangkuriang

Cerita rakyat melayu klasik atau dongeng, legenda rakyat adalah cerita rakyat pada jaman dahulu yang bisanya kita sebut dengan dongeng. Pada umumnya cerita rakyat kisahnya menceritakan suatu peristiwa atau asal mula suatu tempat.

Ciri-Ciri Cerita Rakyat Melayu Klasik

Tokoh-tokoh dalam cerita rakyat umumnya dimunculkan dalam bentuk binatang, dewa maupun manusia. Selain berfungsi sebagai hiburan, cerita rakyat mengandung pesan dan nilai-nilai moral. Cerita rakyat disampaikan secara lisan dan diwariskan secara turun temurun.

Setiap daerah memiliki ceritanya masing-masing, berdasarkan kehidupan masyarakat dan adat istiadat setempat. Adapun yang menjadi ciri-ciri cerita rakyat melayu klasik adalah:
  • Tidak ada nama pengarang (anonim).
  • Bersifat milik bersama.
  • Kebanyakan berkisah tentang hal-hal yang tidak rasional.
  • Pesannya bersifat universal, artinya bisa diterima oleh latarbelakang dan adat istiadat yang berbeda.
  • Kalimat pembuka, umumnya diawali dengan memaparkan kehidupan yang menjadi tokoh utamanya.

Contoh Cerita Rakyat Melayu Klasik

Ada banyak cerita rakyat yang sudah di bukukan dan banyak pula yang belum kita ketahui, karena cerita rakyat di Indonesia begitu banyak jumlahnya.

Beberapa Cerita rakyat klasik yang sampai saat ini masih banyak dceritakan (populer) di masyarakat diantaranya adalah:
  •  Legenda Sangkuriang

adalah legenda yang berasal dari Jawa Barat yang berkisah asal mula terjadinya gunung Tangkuban Perahu. Ada banyak kejadian yang menarik yang patut diapresiasi dari cerita rakyat tersebut yaitu kisah Sangkuriang yang mencintai Dayang Sumbi yang ternyata adalah ibunya sendiri.

  • Legenda Maling Kundang

Cerita Malin Kundang berasal dari Sumatra Barat, berkisah tentang seorang anak yang durhaka yang tidak mengakui ibunya setelah ia mendapatkan kekuasaan dan kekayaan. Akibat perbuatannya mencaci maki ibunya dan tidak mengakuinya maka ia dikutuk menjadi batu di Pantai Air Manis Padang.

  •  Legenda Situ Patenggang

Cerita tentang kisah asmara Kian Santang dan Dewi Rengganis. Namun mereka dipisahkan, sampai pada akhirnya keduanya saling mencari. Karena begitu besar cinta mereka akhirnya mereka beryemu disebuah tempat yang sekarang bernama Batru Cinta. Dewi Rengganis meminta Kian Santang untuk membuatkan danau dan perahu. Dengan perahu irulah mereka berlayar bersama. Perahu tersebut kemudian berubah menjadi sebuah pulau yang bentuknya mirip hati.

Banyak cerita rakyat yang diangkat dan diolah kembali dengan adaptasi yang beragam, dalam bentuk karya novel, cerpen, naskah drama, film dsb. banyak yang mengolahnya. Masih banyak dongeng, legenda rakyat lainnya yang menarik untuk dibahas dan diceritakan kepada generasi sesudah kita untuk dijadikan suatu nilai pembelajaran.


No comments:

Post a Comment